Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Vaksinasi Tahap Dua Dosis Pertama di Tangsel Baru 50 Persen 

Jumat 12 Mar 2021 22:01 WIB

Rep: Eva Rianti / Red: Mas Alamil Huda

Pelaksanaan vaksinasi covid-19 tahap dua di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Pelaksanaan vaksinasi covid-19 tahap dua di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Foto: Republika/Eva Rianti
Ada beberapa faktor yang membuat persentase vaksinasi tahap dua dosis pertama rendah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan mencatat, persentase vaksinasi Covid-19 tahap dua dosis pertama di wilayah Tangerang Selatan baru mencapai 50 persen dari target. Beberapa faktor yang membuat angka persentase vaksinasi tahap dua dosis pertama yang diperuntukkan bagi petugas pelayanan publik tersebut masih rendah lantaran beberapa hal.

"Targetnya 25.155 orang, yang sudah divaksin sekitar 13 ribuan. Baru di angka 50 persen lebih," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan Alin Hendarlin Mahdaniar, Jumat (12/3).

Menurut Alin, beberapa hambatan tersebut di antaranya karena ada yang ditunda. Dia mengatakan, pihaknya akan mengejar penyelesaian vaksinasi tahap dua dosis satu dalam beberapa hari ke depan.

 

"Ini kan masih berlangsung (vaksinasi tahap dua dosis satu). Mungkin dua hari ini kita kejar, mudah-mudahan bisa terkejar," ungkapnya. 

Diketahui, Pemerintah Kota Tangerang Selatan melakukan vaksinasi tahap dua mulai 2 Maret 2021. Sebelumnya, vaksinasi tahap satu untuk tenaga kesehatan di Tangsel telah berjalan dengan menargetkan sebangak 8.901 tenaga kesehatan (nakes). Namun, Dinkes Kota Tangsel mencatat jumlah nakes yang divaksin belum mencapai target. 

"Tahap satu untuk nakes belum sampai 100 persen, tapi sudah di angka 90 persen lebih untuk dosis dua. Untuk dosis satu sudah 100 persen lebih," ujarnya.

Hal itu, kata dia, lantaran adanya kenaikan jumlah target nakes yang divaksin secara on the spot mencapai hingga sembilan ribuan nakes. Bahkan menurut penuturannya, angka nakes di Tangsel sebenarnya sebanyak 13 ribu. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA