Jumat 12 Mar 2021 21:38 WIB

Kapan Waktu Mandi Terbaik Saat Work from Home?

Beberapa ahli ungkap waktu terbaik untuk mandi bagi pekerja yang work from home.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Beberapa ahli ungkap waktu terbaik untuk mandi bagi pekerja yang work from home.
Foto: www.freepik.com.
Beberapa ahli ungkap waktu terbaik untuk mandi bagi pekerja yang work from home.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mandi di pagi hari memang dapat membawa banyak keutungan, mulai dari memberikan perasaan segar dan siap untuk berkegiatan, hingga membuat penampilan lebih baik. Namun bagi orang-orang yang bekerja dari rumah atau work from home (WFH) selama pandemi, pagi hari ternyata bukan waktu terbaik untuk mandi.

Beberapa ahli mengungkapkan bahwa waktu mandi terbaik bagi orang-orang yang menjalani WFH adalah di siang hari. Berikut ini adalah beberapa manfaat mandi di siang hari bagi orang-orang yang menjalani WFH, seperti dilansir BestLife, Jumat (12/3).

Baca Juga

 

Cegah Brain Fog dan Optimalkan Aktivitas Pagi

Ahli neurosains kognitif Nan Wise PhD mengatakan waktu terbaik untuk mandi bagi orang-orang yang menjalani WFH adalah di siang hari. Alasannya, siang hari merupakan waktu di mana orang-orang biasanya mulai mengalami brain fog atau tidak fokus dan sulit berkonsentrasi. Mandi di siang hari, lanjut Wise, bisa membantu memunculkan perasaan segar dan terevitalisasi sehingga bisa mencegah kemunculan brain fog.

Selain itu, memundurkan jam mandi ke siang hari juga akan memberikan lebih banyak waktu luang di pagi hari sebelum mulai menjalani WFH. Waktu luang ini bisa dimanfaatkan untuk mempersiapkan sarapan yang sehat, berolahraga, atau mempersiapkan berbagai hal yang perlu dilakukan sebelum bergelut dengan pekerjaan.

 

Perlancar Ide dan Kreativitas

Mandi merupakan aktivitas yang diketahui dapat membantu menjernihkan pikiran. Suasana dan lingkungan mandi yang merelaksasi dan pribadi ini dapat membangkitkan kreativitas dan memperlancar munculnya ide-ide baru.

"(Mandi) merupakan salah satu dari sedikit momen di mana kita tidak terikat dengan gawai kita, jadi kita memiliki ruang lebih untuk terhubung dengan berbagai ide-ide," ungkap pendiri Ignite80 Ron Friedman.

 

Rasa Lebih Berenergi dan Segar

Mandi sebelum atau sesudah makan siang dapat menjadi salah satu cara yang baik untuk membuat tubuh terasa lebih berenergi. Editor Chris Gayomali mengatakan mandi di siang hari bukanlah sesuatu yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang bekerja di kantor. Oleh karena itu, mandi di siang hari ketika WFH dapat menajdi perubahan yang memberikan perasaan baru dan segar, khususnya bila mandi dengan air dingin.

 

Mandi Malam

Terkadang, mandi di siang hari mungkin tak bisa dilakukan karena terbentur oleh jadwal pekerjaan. Dalam situasi seperti ini, mandi di malam hari dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

Menurut jurnal Sleep Medicine Reviews pada 2019, mandi air hangat selama 10 menit sekitar 1-2 jam sebelum tidur dapat membantu seseorang untuk tidur lebih cepat. Proses pendinginan yang terjadi setelah mandi air hangat berperan dalam menjadi pendorong tidur yang alami.

"Jadi (mandi air hangat di malam hari) merupakan cara yang baik untuk membuat tubuh berpikir bahwa ini sudah waktunya untuk tidur," ujar pemilik klinik Sleep Charlottesville Neurology and Sleep Medicine Christopher Winter MD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement