Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Mou Optimistis Kane Bisa Tampil di Derbi London Utara

Jumat 12 Mar 2021 21:27 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Harry Kane dari Tottenham Hotspur.

Harry Kane dari Tottenham Hotspur.

Foto: AP/Neil Hall/POOL EPA
Jose Mourinho berharap bisa menurunkan Harry Kane di laga vs Arsenal.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Harry Kane menjadi pahlawan kemenangan Tottenham Hotspur atas Dinamo Zagreb di laga leg pertama babak 16 besar Liga Europa, Jumat (15/3) dini hari WIB. Torehan dua gol striker asal Inggris mengantarkan the Lillywhites membungkan Zagreb, 2-0, dalam laga yang digelar di Stadion Tottenham Hotspur tersebut.

Kane membuka keunggulan Spurs di laga itu via sepakan kaki kanan pada menit ke-25. Kemudian, striker berusia 27 tahun itu menggandakan keunggulan Spurs pada menit ke-70. Sayangnya, 14 menit setelah mencetak gol kedua di laga itu, Kane harus ditarik keluar lantaran mengalami masalah di kaki kanannya.

Setelah ditarik keluar, Kane terlihat mengompres lutut kanannya dengan es di pinggir lapangan. Akibat cedera ini, alumnus tim junior Spurs itu diragukan bisa merumput kala Spurs melakoni laga derbi London Utara di markas Arsenal, Stadion Emirates, pada pekan ke-28 Liga Primer Inggris, Ahad (14/3) dini hari WIB.

Absennya Kane di laga tersebut tentu bakal pukulan besar buat Spurs. Pasalnya, Kane tengah menjadi andalan utama Spurs pada musim ini.

Tampil di 37 laga di semua ajang, Kane telah mengemas 26 gol dan 16 assist. Kane pun berada di peringkat kedua daftar top skorer sementara Liga Primer Inggris dengan torehan 16 gol.

Kane, yang berbagi tempat dengan gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, hanya terpaut satu poin dari penyerang Liverpool, Mohamed Salah, yang berada di puncak daftar top skorer sementara Liga Primer Inggris musim ini.

Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, berharap bisa menurunkan Kane di laga tersebut. Menurut Mourinho, laga kontra Arsenal merupakan laga yang besar dan penting buat the Lillywhites, tidak hanya dari segi upaya memperbaiki posisi di papan klasemen sementara, tapi juga dari aspek rivalitas dengan the Gunners.

Kendati begitu, pelatih asal Portugal itu cukup yakin, Kane akan segera pulih dari cedera ringan tersebut dan bisa tampil di laga derbi London Utara, akhir pekan ini.

''Laga itu adalah laga yang besar. Hanya hal yang benar-benar penting yang bisa mencegahnya tampil di laga itu. Kami akan melihat reaksinya terhadap cedera tersebut, tapi saya yakin, dia akan baik-baik saja,'' kata Mourinho seperti dikutip Sky Sports, Jumat (12/3).

Kontribusi Kane, lanjut Mourinho, tidak hanya terbatas pada torehan gol, tapi juga dampak yang dia berikan terhadap pola serangan Spurs secara keseluruhan. Pergerakan dan pengambilan posisi Kane dianggap mampu membuka ruang buat rekan-rekan setimnya untuk bisa mencetak gol. Kemampuan inilah yang membuat Kane sebagai pemain yang komplet.

''Sejumlah striker hanya fokus pada mencetak gol. Di aspek itu, dia sudah melakukannya dengan sangat baik. Namun, terlepas dari hal itu, dia mengerti setiap instruksi yang diberikan. Pergerakan dan penempatan posisinya begitu luar biasa. Dia begitu memahami permainan ini. Dia bisa merasakan ruang dan tahu pergerakan rekan setimnya. Dia memberikan pengaruh besar pada permainan kami,'' ujar Mourinho menjelaskan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA