Jumat 12 Mar 2021 21:19 WIB

Bocorkan Info Soal Produk, Apple Gugat Mantan Pegawai

Mantan pegawai itu dianggap telah melanggar kebijakan rahasia perusahaan.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Apple
Foto: reuters
Apple

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNA--Dalam sebuah perusahaan, tentu pegawai memiliki kewajiban untuk menjaga sejumlah rahasia. Bahkan, hal itu juga berlaku bagi mantan pegawai.

Dilansir dari Cnet pada Jumat (12/3), persoalan kebocoran rahasia ini pun terjadi pada Apple. Kebocoran itu disebabkan oleh seorang mantan pegawai Apple.

Baca Juga

Terpaksa, Apple pun mengajukan gugatan kepada mantan pegawai yang sempat mengabdi untuk Apple selama 11 tahun. Menurut Apple, pegawai tersebut telah melakukan pencurian informasi soal haedware.

Kemudian, mantan desainer MacBook, iPhone dan Apple Watch itu membocorkan informasi itu kepada jurnalis. Tak main-main, bahkan informasi yang dibocorkan itu terbilang cukup rinci mulai dari soal fitur dan rencana jangka panjang.

Atas perbuatanya itu, maka mantan pegawai itu dianggap telah melanggar kebijakan rahasia perusahaan dan hukum rahasia perdagangan.

Secara kronologis, Apple menuduh bahwa mantan pegawai itu melakukan pengunduhan terhadap sejumlah informasi. Selain itu, mantan pegawai tersebut juga menghadiri sebuah rapat khusus yang seharusnya tidak ia hadiri.

Melihat hal ini, juru bicara Apple mengatakan bahwa puluhan ribu pegawai Apple berjuang untuk dapat menghadirkan inovasi yang mengubah dunia. "Aksi pencurian ide dan informasi rahasia tentu menggangu upaya tersebut dan merugikan Apple," kata juru bicara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement