Jumat 12 Mar 2021 21:02 WIB

IDI Dukung Produsen Alat Kesehatan Dalam Negeri

IDI menyebut sikap ini sesuai instruksi presiden.

Kunker IDI, Komisi IX DPR, dan Dinas Kesehatan Kota Jakarta Barat ke salah satu produsen alkes dalam negeri.
Foto: Dok. Idi
Kunker IDI, Komisi IX DPR, dan Dinas Kesehatan Kota Jakarta Barat ke salah satu produsen alkes dalam negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, telah mengeluarkan instruksi serta arahan terkait alat kesehatan yang harus mengutamakan produk lokal ketimbang produk impor. Merespons instruksi tersebut, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Komisi IX DPR-RI, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Jakarta Barat melakukan kunjungan kerja ke PT Taishan Alkes Indonesia yang merupakan produsen alat rapid test dan swab antigen dalam negeri di Jakarta pada Jumat (12/3).

"Kunjungan ini merupakan suatu bentuk dukungan IDI dan juga segenap instasi terkait kepada para produsen lokal yang memproduksi alat kesahatan, khususnya dalam menangani virus Covid 19 yang sedang terjadi sekarang ini.Saya mendukung supaya taishan mengambil peran menyelesaikan masalah covid 19 di Indonesia. Semoga produksi yang di lakukan Taishan, menjadi tonggak berdirinya kembali produksi alat kesehatan di Indonesia," kata Ketua Umum IDI dr. Daeng M. Fakih, di lokasi.

Kunjungan ini disambut baik oleh Direktur Utama Taishan Alkes Indonesia, Eiko Sihombing. Eiko mengatakan, dengan adanya kunjungan ini membuat dirinya semakin yakin dengan penangan virus covid 19 bisa dilakulan dengan maksimal karena alat kesehatan untuk menanganinya sudah bisa diproduksi sendiri, tanpa harus mendatangkan dari negara lain.

"Bagi Kami, kunjungan IDI, Satgas Covid 19, Komisi IX DPR-RI dan juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Jakarta Barat ke tempat Kami, merupakan satu momen penting bagi Kami sebagai produsen alat kesehatan. Pasalnya, ini merupakan dukungan yang mampu membuat kami kian optimis untuk bisa memproduksi alat kesehatan lebih baik lagi dan bermanfaat bagi masyarakat banyak," ucap Eiko.

Eiko menambahkan, dalam memproduksi alat-alat kesehatan Taishan Alkes Indonesia telah sesuai dengan standarisasi alat medis yang berlaku di Indonesia. Selain itu, untuk produksinya Taishan Alkes Indonesia juga bekerja sama dengan produsen-produsen lokal untuk memenuhi bahan baku. Seperti, pabrik casing, media plastik, cutton swab, pabrik percetakan karton, alumunium foil dan bahan penunjang lainnya untuk keperluan pembuatan rapid tes dan swab antigen. Oleh karenanya, dirinya meyakini kalau alat-alat kesehatan yang diproduksi oleh Taishan Alkes Indonesia aman digunakan.

"Kedepannya, Kami juga berencana bisa mengekspor alat-alat kesehatan yang kami produksi untuk bisa membanggakan nama Indonesia. Namun pastinya itu akan Kami lakukan apabila kebutuhan alat kesehatan dalam negeri sudah terpenuhi dengan baik," ujar Eiko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement