Jumat 12 Mar 2021 20:25 WIB

Ferdinand: Liverpool Masih Punya Peluang Rekrut Pemain Top

Pamor Liverpool dikhawatirkan langsung turun seiring buruknya kiprah mereka di liga.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Reaksi pelatih Liverpool Jurgen Klopp usai dikalahkan Fulham di Anfield, Ahad (7/3).
Foto: EPA/Paul Ellis
Reaksi pelatih Liverpool Jurgen Klopp usai dikalahkan Fulham di Anfield, Ahad (7/3).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan bek tengah Manchester United, Rio Ferdinand, menilai, Liverpool masih bisa bersaing dalam perekrutan pemain-pemain top pada bursa transfer awal musim depan. Tidak tanggung-tanggung, Ferdinand bahkan menyebut, The Reds masih berpeluang mendatangkan Erling Haaland dan Kylian Mbappe pada musim depan. 

Penurunan performa The Reds pada musim ini dinilai bakal berimbas pada penurunan daya tawar klub asal Merseyside itu dalam mendatangkan pemain kelas dunia pada bursa transfer mendatang. Menelan empat kekalahan dari lima laga terakhir di Liga Primer Inggris, Liverpool terpuruk di peringkat kedelapan klasemen sementara. 

Juara bertahan Liga Primer Inggris itu tertinggal tujuh poin dari peringkat keempat klasemen sementara, yang ditempati Chelsea dengan raihan 50 poin. Padahal, Liverpool tinggal menyisakan 10 laga lagi. 

Apabila gagal kembali ke jalur kemenangan, maka Liverpool terancam tidak bisa tampil di Liga Champions musim depan via posisi terakhir di klasemen Liga Primer Inggris. 

Kendati begitu, Ferdinand menilai, penurunan performa Liverpool itu hanya berlangsung sementara. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, dinilai memiliki kemampuan untuk membawa The Reds kembali bangkit. Tidak hanya itu, eks bek tengah timnas Inggris itu menilai, Liverpool pun selalu mampu menunjukan kemampuan untuk bangkit. 

Setelah gagal meraih gelar Liga Champions pada musim 2017/2018 usai dibekuk Real Madrid di partai final, Liverpool langsung berhasil meraih titel Liga Champions pada musim berikutnya. Pun dengan keberhasilan Liverpool meraih titel Liga Primer Inggris musim lalu setelah menjadi pesaing terberat Manchester City pada musim sebelumnya. 

''Mereka membutuhkan tiga hingga empat tahun untuk membangun kepercayaan diri tersebut dan mereka bisa tampil begitu apik di Anfield selama periode itu. Selain itu, keberhasilan tampil di partai final Liga Champions selama dua musim beruntun. Saya kira, pemain top masih mempertimbangkan bergabung bersama mereka, karena mereka yakin tim tersebut bisa bangkit,'' tutur Ferdinand seperti dilansir Metro, Jumat (12/3). 

Tidak hanya itu, Ferdinand juga menyebut, kehadiran Jurgen Klopp di kursi pelatih The Reds juga masih menjadi pertimbangan buat pemain-pemain top untuk bergabung bersama Liverpool. Klopp memang kerap dinilai mampu memberikan identitas baru terhadap gaya permainan Liverpool. 

Ferdinand pun menyebut, Erling Haaland dan Kylian Mbappe, dua pemain muda yang menjadi rebutan klub-klub raksasa Eropa, bisa saja bergabung ke Liverpool pada bursa transfer musim panas mendatang. 

''Mungkin saja. Pemain-pemain seperti Mbappe dan Haaland tentu akan melihat gaya permainan Liverpool, di bawah kendali Klopp. Anda tentu melihat kualitas pemain yang dimiliki tim itu, dan pelatihnya. Apakah mereka memiliki pelatih yang bisa menggoda pemain untuk bergabung bersamanya? Dengan adanya Klopp, saya kira, iya,'' kata mantan bek tengah Leeds United tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement