Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Aktris Katie Leung Jadi Korban Rasisme Fans Harry Potter

Sabtu 13 Mar 2021 02:22 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Nidia Zuraya

Harry Potter and The Deathly Hollows part 2

Harry Potter and The Deathly Hollows part 2

Perlakuan rasis tersebut terjadi saat Katie Leung menjadi pacar Harry Potter.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Aktris Katie Leung, yang berperan sebagai Cho Chang dalam seri film Harry Potter, terbuka mengenai pengalamannya mendapat serangan rasis dari penggemarnya secara online. Perlakuan rasisme ini ia terima ketika syuting seri film fantasi tersebut. 

Ia mengatakan, saat itu tim publisisnya meminta Leung untuk menyangkal apa yang terjadi jika ditanya.

Baca Juga

Leung mengungkapkan apa yang terjadi saat itu dalam salah satu episode podcast “Chines Chippy Girl”, yang dirilis pada Senin (8/3). 

Dia berkata setelah audisi yang dijalankannya pada 2005 untuk “Harry Potter and the Goblet of Fire” diumumkan, dirinya mulai melihat pesan rasis dari penggemar online.

“Aku pernah Googling sendiri, dan aku melihat sebuah situs web yang didedikasikan untuk fandom Harry Potter. Aku ingat saat itu aku membaca semua komentar.  Dan, ya, itu banyak omong kosong rasis,” katanya dilansir dari variety.com, Kamis (11/3).

Saat membintangi film Harry Potter, aktris keturunan China ini baru berusia 16 tahun. Dirinya ingat ketika itu diminta oleh juru bicaranya untuk menyangkal semua komentar rasis tersebut.

“Aku ingat mereka bilang, ‘Lihat Katie, kita tidak pernah melihat ini, website yang orang-orang bicarakan. Dan kamu tau, kalau kamu ditanya, cukup bilang itu tidak benar. Katakan kalau itu tidak terjadi,’” tuturnya. 

“Dan aku hanya menganggukkan kepala. Aku kayak, ‘Oke, oke,’ walaupun aku melihatnya sendiri dengan mataku. Aku seperti ‘Ya, oke, aku akan bilang semuanya baik-baik saja,” ujar Leung.

Pihak Warner Bros Pictures yang memproduksi Film Harry Potter, menolak berkomentar. Tidak jelas apakah juru bicara tersebut bekerja untuk Warner Bros Pictures atau untuk sang aktris.

“Aku sangat sangat beryukur sempat berada di posisi tersebut,” kata Leung. “Aku kerap berkata ‘Seandainya aku bisa mengatakan sesuatu.’ Tapi kamu tidak bisa melakukannya.”

Setelah Goblet of Fire, Leung juga ikut serta dalam empat film Harry Potter berikutnya— Order of the Phoenix, Half-Blood Prince dan Deathly Hallows: Bagian 1 dan 2. Dia juga muncul dalam film Locked Down dan The Foreigner serta TV show seperti The Nest, White Dragon dan Chimerica.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA