Jumat 12 Mar 2021 16:45 WIB

Jelang Nyepi, KAI Yogya Tambah KA Tujuan Gambir-Pasar Senen

KAI masih menerapkan penjualan tiket maksimal 70 persen dari kapasitas tempat duduk.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi
PT KAI
PT KAI

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT KAI Daop 6 Yogyakarta menyediakan tambahan perjalanan KA untuk keberangkatan 14 dan 15 Maret 2021. Manajer Humas Daop 6, Supriyanto mengatakan, KAI akan menjalankan KA Taksaka relasi Yogyakarta-Gambir keberangkatan 08.50 WIB.

KAI akan menjalankan pula KA Fajar Utama Yogyakarta pada 15 Maret 2020 relasi Yogyakarta-Pasar Senen keberangkatan 07.00 WIB. Sementara, KA-KA itu beroperasi pada tanggal-tanggal tertentu sambil dilakukan evaluasi mengikuti perkembangan.

"Pengoperasian kembali KA ini tetap diikuti dengan protokol pencegahan covid-19 yang ketat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api," kata Supriyanto melalui rilis tertulis yang diterima Republika, Jumat (12/3).

Untuk jadwal perjalanan dan tiket KA tersebut, dapat dilihat dan dipesan melalui aplikasi KAI Access. Selain itu, pada masa pandemi KAI masih menerapkan penjualan tiket maksimal 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia dalam kereta.

Setiap individu yang melaksanakan perjalanan dengan KA tetap wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Secara umum, seluruh penumpang kereta api diharuskan dalam kondisi sehat.

Suhu tubuh maksimal 37,3 derajat celcius dan dihimbau memakai lengan panjang atau jaket. Sesuai SE Kemenhub No 20/2021, pelanggan KA jarak jauh wajib menunjukkan surat keterangan negatif Genose C19, atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR.

"Masa berlaku hasil tes Genose C19 atau Rapid Test Antigen atau Rapid Test PCR khususnya keberangkatan 11 Maret 2021 dan 14 Maret 2021 1x24 jam dari tanggal pemeriksaan. Sedangkan, untuk hari lain berlaku 3x24 jam," ujar Supriyanto.

Daop 6 Yogyakarta siapkan lokasi pemeriksaan RT Antigen khusus pelanggan KA jarak jauh di Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten dan Solo Balapan Rp 105 ribu. Sedangkan, tes Genose disediakan di Stasiun Yogyakarta dan Solo Balapan Rp 20 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement