Jumat 12 Mar 2021 12:53 WIB

10 Aktivitas Ini Tingkatkan Risiko Terpapar Covid-19

Meski sudah ada vaksin, hendaklah tak lengah terhadap Covid-19.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Meski sudah ada vaksin, hendaklah tak lengah terhadap Covid-19.
Foto: Pixabay
Meski sudah ada vaksin, hendaklah tak lengah terhadap Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vaksin memang sudah disalurkan, namun bukan berarti kita boleh lengah terhadap paparan Covid-19. Penerapan protokol kesehatan sebaiknya tidak dilonggarkan sampai kondisi sudah benar-benar aman untuk semua orang.

Selain mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan tidak berkerumun, ada baiknya menghindari sejumlah aktivitas yang meningkatkan risiko tertular corona. Beberapa kegiatan sehari-hari itu bisa menaikkan kans penularan.

Baca Juga

Walaupun aktivitas hanya dilakukan sesekali, risikonya tetap ada. Pakar penyakit menular Sandra Kesh mengimbau untuk menekan frekuensi melakoni aktivitas tersebut, atau bahkan tidak melakukannya sama sekali.

"Sebagian besar risiko dari aktivitas ini sangat bergantung pada dua hal: kondisi lingkungan dan apa yang Anda lakukan di lingkungan itu. Hal yang sulit dikendalikan adalah apa yang terjadi di lingkungan," kata Kesh.

Karena kurangnya kendali pada lingkungan, penanganan tingkat risiko bisa dilakukan dengan tindakan individu. Berikut 10 aktivitas yang sebaiknya dikurangi untuk sementara waktu, dikutip dari laman CNet, Jumat (12/3).

 

1. Perjalanan udara

Bepergian lewat jalur udara termasuk aktivitas dengan risiko tinggi terpapar Covid-19. Menurut Kesh, lebih baik menunda terbang sampai mayoritas populasi sudah divaksin, atau setelah Anda sudah mendapat dua dosis vaksin secara lengkap.

Kalaupun terpaksa harus terbang, pilih waktu penerbangan yang tidak ramai. Jangan melepaskan masker sama sekali saat berada di dalam pesawat. Periksa sebelumnya apakah maskapai memberlakukan pembersihan kabin menyeluruh secara berkala.

 

2. Pergi ke bar

Pergi ke bar membuat Anda berisiko tinggi tertular virus. Karena bar cenderung berisik, pengunjung biasanya meneriakkan pesanan minuman. Kemungkinan besar, sanitasi juga tidak menjadi prioritas di bar.

 

3. Potong rambut di salon

Saat mencukur rambut, seseorang cukup lama berada dekat dengan barber atau hairdresser. Ini meningkatkan risiko terpapar Covid-19 karena kita tidak tahu status kesehatan sang pencukur rambut, biarpun dia sudah memakai masker.

 

4. Makan di restoran

Makan di area dalam restoran cukup berisiko karena para pengunjung lain pasti melepaskan masker saat sedang makan. Untuk menghindari risiko, lebih baik membungkus makanan yang dibeli atau menggunakan jasa pesan antar.

 

5. Menerima kunjungan teman

Karena saling mengenal satu sama lain, beberapa orang menganggap sudah cukup aman untuk menerima kunjungan teman di rumah. Padahal, level risikonya medium hingga tinggi karena seseorang bisa tanpa sadar tertular virus saat berbincang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement