Jumat 12 Mar 2021 12:25 WIB

4 Musisi Dunia Isi Soundtrack 'Raya and The Last Dragon'

Lagu 'Trust Again' menjadi soundtrack kolaborasi musisi dari empat negara.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Salah satu adegan dalam film Raya and The Last Dragon.
Foto: Disney.
Salah satu adegan dalam film Raya and The Last Dragon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah lagu berjudul "Trust Again" dirilis seiring dengan peluncuran film Raya and the Last Dragon besutan Disney. Tembang tersebut dibawakan empat penyanyi dari Indonesia, Filipina, Thailand, dan Malaysia.

Mereka adalah Raisa Andriana (Indonesia), Jun Matthew Brecio alias Matthaios (Filipina), rapper SPRITE (Thailand), dan Yonnyboii (Malaysia). Kolaborasi keempat musisi itu hadir di lagu "Trust Again" yang memuat tiga bahasa.

Baca Juga

"Trust Again" bercerita tentang nilai-nilai yang menjadi pesan utama dalam film, yaitu kepercayaan dan persahabatan. Tokoh utama sinema adalah pendekar perempuan bernama Raya yang hidup di dunia fantasi bernama Kumandra.

Selaras dengan film yang terinspirasi dari keragaman budaya Asia Tenggara, pembuatan lagu pun demikian. "Trust Again" mengandung unsur instrumen musik etnik Asia Tenggara seperti seruling, perkusi etnik, jaw harp, angklung, ansambel Thailand, gamelan, dan suling Sunda.

Berdasarkan pernyataan resmi Universal Music Indonesia yang diterima republika.co.id kolaborasi musik ini terbilang unik karena berlangsung multiteritori. Esensi lagu merayakan keanekaragaman budaya lintas wilayah.

Selain suara indah Raisa, deretan elemen-elemen budaya Asia Tenggara lainnya juga akan dihadirkan dalam lagu ini melalui lirik dan melodi. Ada Yonnyboii yang mampu mengaitkan makanan seperti “satay dan nasi lemak” di verse pertama.

Pada bagian Matthaios, dalam bahasa Tagalog menyebutkan "aku adalah sekutumu seperti Aris", di mana Aris adalah senjata asal Filipina yang digunakan oleh Raya. Sementara SPRITE di verse terakhir menyebut Tuk Tuk, moda transportasi populer di Thailand yang juga nama salah satu karakter dalam filmnya.  

Mastering lagu dilakukan oleh mastering engineer pemenang Grammy Award, Chris Athens. Lagu dirilis bersamaan dengan video lirik pada 12 Maret 2021. Video klip yang menghadirkan keempat artis bakal dirilis kemudian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement