Jumat 12 Mar 2021 05:18 WIB

Menpora Berharap Publik Tetap Dukung Aprilia Manganang

Aprilia harus diberi semangat untuk menjalani kehidupan dengan status barunya.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Menpora RI Zainudin Amali.
Foto: instagram Kemenpora
Menpora RI Zainudin Amali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, meminta publik tetap mendukung mantan atlet voli nasional, Aprilia Manganang. Menurutnya, Aprilia harus diberi semangat untuk menjalani kehidupan dengan status barunya.

"Tentu kalau lihat dari perjalanannya, ini berbeda dengan kejadian-kejadian doping yang dialami oleh atlet. Kalau ini perubahan Aprilia dari perempuan menjadi laki-laki akibat hipospadia, suatu hal yang sangat jarang kita kenal," kata Zainudin dalam keterangan pers, Kamis (11/3).

Zainudin meminta semua pihak memaklumi kejadian ini dan ia juga yakin bahwa Aprilia sendiri juga tidak tahu. "Karena itu, kita tidak boleh menyalahkan atau memvonis bahwa Aprilia menyembunyikan hal lain. Saya kira perjalanan dia sebagai atlet menjadi catatan sendiri buat kami. Dan tentu kita harus beri semangat buat Aprilia untuk menjalani kehidupan dengan status barunya," tambahnya.

Zainudin berharap dengan kejadian Aprilia, atau untuk cabor apapun, kalau ada hal yang mencurigakan seperti penampilan fisik, suara dan lain sebagainya perlu ada penelitian lebih dalam.

"Jadi bagi stakeholder olahraga ini menjadi pelajaran penting sehingga kalau ada hal yang muncul yang mencurigakan tentu harus ada penelitian tersendiri tanpa harus membuat atlet merasa terganggu secara," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement