Jumat 12 Mar 2021 03:54 WIB

Ajax dan Villarreal Menang, Slavia - Rangers Imbang

Ajax tampil dominan sejak babak pertama dimulai.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Joko Sadewo
Pemain Ajax Amsterdam Davy Klaassen
Foto: EPA
Pemain Ajax Amsterdam Davy Klaassen

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Ajax Amsterdam menang pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa ketika menjamu Young Boys, di Stadion Johan Cruijff Arena, Jumat (12/3) dini hari WIB. Tiga gol kemenangan Ajax  dicetak oleh Klaassen, Tadic dan Brobbey.

Tuan rumah tampil dominan sejak babak pertama dimulai. Mereka mengurung pertahanan tim tamu. Namun Ajax baru membuka keunggulan pada meni ke-62 lewat Klaassen. Pertahanan Boys semakin rapuh pasca gol pertama tersebut.

Ajax menciptakan dua gol tambahan pada 10 menit jelang pertandingan berakhir. Tadic dan Brobbey mencetak dua gol tersebut.  Kemenangan tersebut membuat langkah Ajax lolos ke perempat final terbuka lebar. Karena mereka cukup bermain imbang atau jika kalah tak lebih dari tiga gol pada leg kedua sebagai syarat lolos ke fase berikutnya.

Di laga lain, Villarreal juga meraih tiga poin ketika  tampil dominan atas tuan rumah Dynamo Kiev sejak babak pertama. Hal tersebut memaksa Kiev harus bermain lebih bertahan guna menghindari kebobolan. Namun usaha Villarrel tak sia-sia karena berhasil unggul 1-0 pada babak pertama lewat Pau Torres.

Gol tersebut berawal dari tendangan sudut yang menyebabkan kemelut di area penalti Kiev. Torres yang berdiri sendiri di tiang dekat memanfaatkan umpan mendatar rekannya dengan melesakkan bola dengan nyaman ke gawang Kiev.

Baca juga : Pecahkan Rekor Pribadi di Qatar, Rossi Kian Optimistis

Villarreal mendapatkan gol keduanya pada menit ke-52 melalui mantan pemain Real Madrid Raul Albiol. Tembakan sang kapten tak mampu dihadang oleh kiper Kiev. Villarreal berhasil mempertahankan keunggulan 2-0 ini hingga pertandingan usai.

Di pertandingan lain, Slavia Praha hanya bermain imbang 1-1 melawan Rangers. Tuan rumah Slavia sempat unggul cepat ketika laga baru berlangsung tujuh menit. Stanciu mencetak gol indah lewat tendangan melengkung yang mengarahkan bola ke sudut kanan bawah gawang.

Rangers merespon gol tersebut dengan meningkatkan serangan. Tim asal Skotlandia itu kemudian menyamakan kedudukan pada meni ke-36 lewat Helander. Berawal dari kemelut yang terjadi gawang Slavia, Hagi memberikan umpan ke tiang dekat yang disambut baik oleh Helander. Hingga laga berakhir skor bertahan 1-1.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement