Jumat 12 Mar 2021 02:53 WIB

Pangeran William Bantah Tudingan Meghan Soal Rasisme

Pangeran William mengaku akan berbicara dengan Harry soal tudingan Meghan

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Meghan Markle dan Pangeran Harry.Pangeran William mengatakan pada hari Kamis (11/3) bahwa keluarga Kerajaan Inggris tidak rasis, setelah Meghan Markle menyebut ada anggota keluarga kerajaan yang bertanya seberapa gelap kulit putra Meghan dan Pangeran Harry.
Foto: Foxnews
Meghan Markle dan Pangeran Harry.Pangeran William mengatakan pada hari Kamis (11/3) bahwa keluarga Kerajaan Inggris tidak rasis, setelah Meghan Markle menyebut ada anggota keluarga kerajaan yang bertanya seberapa gelap kulit putra Meghan dan Pangeran Harry.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Pangeran William mengatakan pada hari Kamis (11/3) bahwa keluarga Kerajaan Inggris tidak rasis, setelah Meghan Markle menyebut ada anggota keluarga kerajaan yang bertanya seberapa gelap kulit putra Meghan dan Pangeran Harry.

Meghan (39 tahun), membuat tuduhan itu selama ia dan suaminya, Pangeran Harry (36 tahun) diwawancara oleh Oprah Winfrey, dan disiarkan pada hari Ahad (7/3).

Tuduhan ini menjerumuskan kerajaan Inggris ke dalam krisis terbesarnya sejak kematian Putri Diana, ibu William dan Harry, pada tahun 1997.  

Dalam kunjungan ke sebuah sekolah di London timur, William mengatakan dia belum berbicara dengan Harry sejak wawancara itu disiarkan lebih dari tiga hari yang lalu.

"Saya belum berbicara dengannya tetapi saya akan melakukannya," kata William (38 tahun).

Ditanya oleh seorang reporter apakah keluarga kerajaan itu rasis, William berkata: "Kami sama sekali bukan keluarga rasis." tambahnya.

Dalam wawancara selama dua jam, hampir tiga tahun setelah pernikahan bertabur bintang mereka di Kastil Windsor, Meghan mengatakan para bangsawan telah mengabaikan permintaan bantuannya sementara dia merasa ingin bunuh diri.

Sementara Harry mengatakan ayahnya, pewaris takhta, Pangeran Charles, telah mengecewakannya dan bahwa dia merasa terjebak.

Pada hari Selasa, Istana Buckingham mengeluarkan pernyataan atas nama Ratu Elizabeth yang berusia 94 tahun, di mana dia mengatakan bahwa keluarga tersebut sedih dengan betapa menantang kondisi pasangan itu selama beberapa tahun terakhir.

Tapi tuduhan pasangan itu bahwa salah satu bangsawan telah membuat komentar rasis yang telah mendominasi liputan media internasional. Ini berpotensi menyebabkan kerusakan permanen pada monarki berusia 1.000 tahun itu.

Meghan, yang ibunya berkulit hitam dan ayahnya berkulit putih, mengatakan saat dia mengandung Archie, ada kekhawatiran dan percakapan tentang seberapa gelap kulitnya saat dia lahir.

Baik dia maupun Harry tidak mengatakan siapa yang membuat pernyataan itu, meskipun Winfrey kemudian mengklarifikasi bahwa Harry telah mengatakan itu bukan ratu atau suaminya yang berusia 99 tahun, Pangeran Philip.

"Percakapan itu, saya tidak akan pernah ceritakan. Tapi pada saat itu, itu terasa canggung, saya sedikit terkejut." kata Harry. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement