Jumat 12 Mar 2021 00:26 WIB

Erdogan Sebut Lagu Kebangsaan Turki Satukan Rakyat

Tahun ini Turki akan memperingati seratus tahun Perjuangan Kemerdekaan Maret

Red: Nur Aini
Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan lagu kebangsaan Turki bukan hanya simbol kemerdekaan tetapi juga teks konsensus nasional yang menyatukan rakyatnya.
Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan lagu kebangsaan Turki bukan hanya simbol kemerdekaan tetapi juga teks konsensus nasional yang menyatukan rakyatnya.

 

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan lagu kebangsaan Turki bukan hanya simbol kemerdekaan tetapi juga teks konsensus nasional yang menyatukan rakyatnya.

Baca Juga

"Lagu kebangsaan kami, yang akan kami rayakan sebagai peringatan 100 tahun pada 12 Maret ini, adalah pengingat akan rasa memiliki, kemerdekaan, dan masa depan kami," kata Recep Tayyip Erdogan pada upacara pembukaan pameran Kemerdekaan Maret di parlemen.

Sebagai penghormatan kepada Mehmet Akif Ersoy, penulis lirik lagu kebangsaan Turki “Istiklal Marsi”, Erdogan mengatakan bahwa Ersoy tidak diragukan lagi adalah salah satu tokoh penting negara itu pada abad terakhir.

“Mehmet Akif salah satu simbol perjuangan kita untuk kemerdekaan dan tradisi pengetahuan ilmiah kita, mendapatkan tempat yang luar biasa di hati bangsa kita tercinta dengan karya-karyanya yang abadi, kepribadian yang agresif, pengetahuan yang mendalam, dan etika yang patut dicontoh,” ujar dia.

Ersoy memotivasi orang-orang dengan lagu kebangsaan, yang mencerminkan karakteristik dan dunia spiritual bangsa Turki, semangat kebebasan, dan nilai-nilai kebangsaan dan spiritual, tambah Erdogan.

Erdogan juga mengatakan sebagian kecil masyarakat merasa tidak nyaman saat menyanyikan lagu kebangsaan, menambahkan bahwa mereka tidak ragu untuk menunjukkan ketidaknyamanan mereka secara terbuka. Dia mengatakan, jelas bahwa mereka memiliki masalah dengan kemerdekaan dan masa depan negara.

“Meski demikian, kami tetap menghargai kemerdekaan kami,” tambah Presiden Turki.

Tentang perang Turki melawan terorisme, Erdogan mengatakan seperti menolak Perjanjian Sevres yang tidak adil satu abad yang lalu, Turki tidak akan tunduk pada Sevres modern yang dilakukan oleh kelompok teror Daesh/ISIS, YPG/PKK, Organisasi Teroris Fetullah (FETO).

Perjanjian Pengabdian, yang merupakan pakta tidak adil yang diberlakukan pada Kekaisaran Ottoman setelah Perang Dunia I, digantikan oleh Perjanjian Lausanne - ditandatangani oleh Turki di satu sisi dan Inggris, Prancis, Italia, Yunani, dan sekutunya di lainnya - mengakui negara Turki modern.

Parlemen Turki menyetujui mosi yang mengumumkan 2021 sebagai tahun lagu kebangsaan Turki. Lagu kebangsaan Turki ditulis pada tahun 1921 selama Perang Kemerdekaan saat Turki berjuang melawan penyerangan pasukan asing setelah Perang Dunia I. Bait lagu itu ditulis untuk mendorong tentara yang bertempur dan memotivasi bangsa yang sedang berjuang. Itu juga merupakan lagu kebangsaan resmi Republik Turki, yang didirikan dua tahun kemudian pada 1923.

Lagu kebangsaan, terdiri dari 41 baris dan 12 sajak, berfokus di sekitar tema abadi seperti kemerdekaan, perang, peradaban, iman, spiritualitas, keberanian, kepahlawanan dan harapan.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/turki/erdogan-sebut-lagu-kebangsaan-turki-satukan-rakyat/2172517
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement