Kamis 11 Mar 2021 20:26 WIB

Libur Nasional, Destinasi Wisata Bahari Lampung Lengang

Sepinya pengunjung tempat wisata pantai dan pulau lantaran hari libur hanya sehari

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Gita Amanda
Pengunjung bermain air saat mengunjungi Pantai Pasir Putih, Tarahan, Lampung Selatan, (ilustrasi). Wisata bahari di Lampung lengang selama liburan Isra Mi'raj.
Pengunjung bermain air saat mengunjungi Pantai Pasir Putih, Tarahan, Lampung Selatan, (ilustrasi). Wisata bahari di Lampung lengang selama liburan Isra Mi'raj.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Memasuki hari libur nasional Isra’ dan Mi’raj pada Kamis (11/3), destinasi wisata bahari seperti pantai dan pulau di perairan Teluk Lampung masih lengang. Diperkirakan pengunjung mendatang tempat wisata pada akhir pekan Sabtu dan Ahad (13-14/3).

Berdasarkan pemantauan Kamis (11/3), Jalan RE Martadinata, Kotakarang, Bandar Lampung, satu-satunya akses menuju tempat wisata bahari di Lampung masih berjalan normal. Biasanya, jalan tersebut padat merayap kendaraan mobil pribadi bila hari libur bertepatan juga dengan akhir pekan.

Baca Juga

Mobil pribadi yang menuju Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung, Pantai Klara, dan lainnya jumlahnya tidak signifikan. Pengunjung yang mendatangi Pulau Tegal Mas dan Pulau Pahawang juga masih tampak sedikit dilihat dari jumlah mobil yang terparkir di dekat dermaga kapal.

“Libur hari ini, masih sepi-sepi pengunjug yang ke pantai,” kata Yudi Junaedi (52 tahun), warga Desa Hanura, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Desa Hanura tempat perlintasan arus kendaraan menuju dan pulang dari destinasi wisata bahari perairan Teluk Lampung.

Menurut Yudi, sepinya pengunjung tempat wisata pantai dan pulau lantaran hari libur hanya sehari. Ia memprediksi pengunjung akan ramai kembali pada libur akhir pekan pada Sabtu dan Ahad, seperti biasanya terlihat dari pelat nomor kendaraan pribadi yang masuk wilayah desanya.

Mengantisipasi kemacetan kendaraan, Polresta Bandar Lampung telah menempatkan sejumlah personel di titik-titik rawan macet menuju tempat wisata. Kasat Lantas Polresta Bandar Lampung AKP Rafly Yusuf mengatakan, personel telah ditempatkan di daerah rawan macet.

Dia mengatakan, libur nasional pada Kamis sehubungan dengan hari Isra’ dan Mi’raj arus kendaraan menuju tempat wisata pantai dan pulau perairan Teluk Lampung masih lengang. Namun, ujar dia, diprediksi pengunjung meningkat pada akhir pekan mendatang.

Pemkot Bandar Lampung melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) pejabat dan pegawai juga honorer berlibur ke luar kota pada hari libur Isra’ dan Mi’raj dan Hari Nyepi, Kamis (11/3) sampai Ahad (14/3). Pelarangan tersebut dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Bandar Lampung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement