Kamis 11 Mar 2021 21:05 WIB

Mengenal Murtough dan Fletcher, Dua Direktur Baru MU

keduanya ditunjuk sebagai direktur sepak bola dan direktur teknis

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Muhammad Akbar
Darren Fletcher
Foto: EPA/Domenic Aquilina
Darren Fletcher

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Satu jam sebelum Manchester United memulai pertandingan melawan West Bromwich bulan lalu, sebuah mobil parkir di the Hawthorns saat hujan sedang lebat.

Mobil itu merupakan milik John Murtough, yang merupakan kepala pengembangan sepak bola United. Di sebelahnya duduk Darren Fletcher, yang kembali ke klub setelah dipercaya membantu Ole Gunnar Solskjaer di jajaran staf pelatih.

Dikutip dari Dailymail, Kamis (11/3), Murtough duduk di kursi khusus direktur, sementara Fletcher bersama analis MU di tempat lain di tribun. Tidak ada yang tahu kalau dua sosok tersebut akan diumumkan sebagai dua direktur baru di klub, yaitu direktur sepak bola dan direktur teknis.

Pengumuman oleh Ed Woodward, wakil ketua eksekutif, saat mengorbitkan dua formasi baru tersebut mengakhiri proses yang dimulai beberapa tahun lalu, ketika MU mulai mencari sosok yang tepat untuk mengisi jabatan direktur sepak bola.

Ada beberapa nama yang kala itu muncul, semisal Edwin van der Sar, Rio Ferdinand dan Mike Phelan. Tapi saat itu pencarian sempat terhenti, karena MU sepertinya bingung antara mau membuat posisi direktur sepak bola atau direktur teknis, yang kemudian malah dimunculkan keduanya.

Murtough memang sosok yang berada di garis depan perubahan ini, ketika awalnya dibawa oleh David Moyes tujuh tahun lalu. Murtough memiliki gelar dalam ilmu olahraga dan magister psikologi olahraga. Ia banyak terlibat dalam akademi United dan peluncuran tim wanita, serta punya reputasi sebagai sosok yang kerap memecahkan masalah.

Pekerjaannya dalam hal rekrutmen pun mendapat pujian. Di bawah jabatan barunya ini, Murtough akan menjadi kepala operasi sepak bola di Carrington. Ia akan bekerja sama dengan Ole Gunnar Solskjaer, untuk melapor langsung kepada Ed Woodward. Sementara Fletcher, sebagai direktur teknis menghabiskan 20 tahun sebagai pemain di United.

Fletcher tidak hanya cocok dengan budaya klub, tapi juga menawarkan pengalaman yang tidak dimiliki Murtough. Pria asal Skotlandia itu akan mendapatkan masukan teknis dari semua level klub dan visi jangka panjang.

Solskjaer merupakan sosok yang menginginkan Fletcher di staf kepelatihan. Pria berusia 37 tahun itu sudah punya lisensi kepelatihan, dan membantu klub di U-15 dan U-16.

United berharap Murtough dan Fletcher akan meningkatkan sistem yang menurut sumber sudah 80 persen selesai tiga tahun lalu, dan sekarang menjalani sentuhan akhir demi mendapatkan kembali gelar Liga Premier.

Itu telah membuat United menyelesaikan transfer besar Harry Maguire dan Bruno Fernandes, dan kesepakatan yang lebih sederhana untuk pemain seperti Alex Telles dan Daniel James. Bakat muda asing seperti Amad Diallo dan Facundo Pellistri pun telah didatangkan.

Ada juga produk akademi seperti Mason Greenwood, Brandon Williams dan Shola Shoretire yang telah dipromosikan ke tim utama. Sistem akan menjadi lebih penting musim panas ini dengan anggaran transfer United dikurangi akibat pandemi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement