Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Film-Film Ini Mampu Kalahkan Popularitas Harry Potter

Kamis 11 Mar 2021 17:50 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti

Film-film ini mampu ungguli Harry Potter (ilustrasi).

Film-film ini mampu ungguli Harry Potter (ilustrasi).

Ternyata ada beberapa film yang mengungguli Harry Potter di box office.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film Harry Potter merupakan raksasa box office yang pernah ada. Film bagian pertama, Harry Potter and The Sorcerer's Stone, menduduki puncak daftar saat dirilis pada 2002, meninggalkan film lain seperti Shrek dan Monster. Inc di posisi belakang. 

Petualangan mengenai penyihir yang melawan Voldemort ini berakhir dengan film The Deathly Hallows yang juga menduduki puncak box office kala itu. Di bawahnya, menyusul film Transformers: Dark of the Moon dan Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides yang menduduki peringkat kedua dan ketiga saat itu. 

Pada faktanya, masih ada beberapa film yang mampu mengalahkan Harry Potter dalam box office. Berikut beberapa film tersebut seperti dilansir di laman Screen Rant, Kamis (11/3): 

1. Toy Story 3

Toy Story 3 merupakan film yang menduduki peringat pertama box office pada 2010. Toy Story 3 adalah sebuah film yang dimaksudkan sebagai akhir dari cerita yang melibatkan Woody, Buzz Lightyear, dan kawan-kawan, sampai Toy Story 4 keluar pada musim panas 2019.

Ini adalah film yang pedih, yang benar-benar membuat penggemar ingin menangis. Pada satu titik tampaknya Disney akan membunuh karakter yang dicintai. Namun untungnya, mereka hidup pada hari lain.

Tidak mengherankan film itu menjadi yang teratas. Film-film Harry Potter sangat besar, tetapi Toy Story sebagai sebuah waralaba juga sama. Orang dewasa dan anak-anak sama-sama bergegas melihatnya.

2.  Alice in Wonderland

Untuk dua film Harry Potter terakhir, Warner Bros memutuskan untuk membaginya menjadi dua, yakni The Deathly Hallows Part 1 dan The Deathly Hallows Part 2. Tidak seperti film-film pendahulunya, The Deathly Hallows bagian pertama yang keluar pada musim dingin 2010, tidak mampu berjuang untuk mencapai puncak klasemen.

Sebagian alasannya mungkin karena cerita itu sendiri. Tidak ada Hogwarts, tidak ada nada cahaya, dan itu memiliki struktur yang tidak seperti seri sebelumnya. Meski ada di urutan ketiga,  film ini bisa mengungguli Inception, Shrek Forever After dan The Twilight Saga: Eclipse.

Sementara film yang mengunggulinya adalah remake dari Alice in Wonderland yang dibintangi Mia Wasikowska sebagai Alice, Johnny Depp sebagai Mad Hatter, dan Helena Bonham Carter dan Anne Hathaway sebagai Ratu Merah dan Ratu Putih. Meski bertaburan bintang, film itu bukan film teratas pada tahun itu.

3. Avatar

Kembali pada 2009, tampaknya film 3D sangat menjanjikan. Yang memicu terjadinya hal ini adalah Avatar, dengan blockbuster yang dibintangi oleh Zoe Saldana, Sam Worthington, Sigourney Weaver, Stephen Lang, dan Joel David Moore menjadi film terbesar tahun itu. Kedudukannya di puncak mengalahkan Harry Potter and The Half Blood Prince, Ice Age: Dawn of the Dinosaurs, dan Transformers: Revenge of the Fallen. Sekuel Avatar sampai saat ini masih dalam tahap pengerjaan dan sempat tertunda.

Avatar 2 dijadwalkan tayang pada 2022 dengan banyak aktor yang mengulangi peran mereka. Beberapa aktor yang akan terlibat adalah Kate Winslet dan Vin Diesel. 

4. Pirates of The Caribbean: At World's End

Pamor Pirates of the Caribbean mungkin telah berkurang sebagai waralaba dalam beberapa tahun terakhir dengan On Stranger Tides dan Dead Men Tell No Tales gagal mengesankan. Pada 2007, angsuran ketiganya yang bertajuk At World's End berhasil menangkis persaingan yang cukup ketat untuk menduduki puncak klasemen.

Film ini bisa dibilang lambat di beberapa bagian, tetapi pertarungan terakhirnya spektakuler, dan jauh sebelumnya. Film ini menarik untuk dimulai karena nasib Kapten Jack Sparrow, yang tidak pasti setelah dia ditelan oleh Kraken di Dead Man's Chest. Untungnya, Will Turner, dan Elizabeth Swann kembali bekerja sama melawan penjahat menjijikkan Davy Jones dan Cutler Beckett.

5. Shrek 2

Disney meraih emas ketika film Shrek dirilis pada 2001. Hampir semua orang langsung jatuh cinta dengan ogre yang moody, dengan Eddie Murphy yang luar biasa sebagai Donkey. Cameron Diaz yang mengisi suara yang bagus untuk Putri Fiona. Ini adalah film yang pada tahun-tahun sebelumnya telah menjadi tontonan wajib baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Saat sekuel Shrek tayang di bioskop pada 2004, itu bersamaan dengan tahun yang sama film Harry Potter and The Prisoner of Azkaban dirilis. Namun, setelah memuncaki klasemen box office dengan dua film Potter sebelumnya, Rowling dan Warner Bros tidak berhasil membuat hat trick.

6. Lord of The Rings: The Two Towers

Seandainya bukan karena rilis The Sorcerer's Stone hampir 20 tahun yang lalu, Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring pasti akan menduduki puncak klasemen box office untuk tahun 2001. Namun, sekuelnya berhasil meraih apa yang film pertama tidak bisa. The Lord of the Rings: The Two Towers mengalahkan Harry Potter and The Chamber of Secrets untuk menduduki puncak klasemen tahun berikutnya.

The Two Towers juga mendapat nilai tinggi di antara para kritikus. Persaudaraan Frodo dan Sam ditulis secara fantastis, sementara pengenalan Gollum yang dibangun menggunakan CGI membuat karakter tersebut menjadi ikon dalam budaya pop. Film ini menyabet Academy Awards untuk kategori Efek Visual Terbaik dan Pengeditan Suara Terbaik, juga mengambil nominasi untuk Gambar Terbaik, Arahan Seni Terbaik, Pengeditan Film Terbaik, dan Suara Terbaik.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA