Kamis 11 Mar 2021 17:40 WIB

Ini Alasan Mourinho Sangat Menginginkan Trofi untuk Spurs

Mou sudah 20 tahun berkarier sebagai pelatih.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Reaksi manajer Tottenham Jose Mourinho (tengah) saat pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Fulham FC melawan Tottenham Hotspur di London, Inggris, 04 Maret 2021.
Foto: EPA-EFE/Neil Hall
Reaksi manajer Tottenham Jose Mourinho (tengah) saat pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Fulham FC melawan Tottenham Hotspur di London, Inggris, 04 Maret 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, bakal memiliki momen istimewa pada musim ini. Pelatih asal Portugal itu kian dekat dengan laga ke-1.000 sejak mengawali karier sebagai pelatih profesional pada 2000 silam. Hingga kini, pelatih berusia 58 tahun itu telah melakoni total 988 laga dalam sembilan tim yang pernah ditanganinya. Dari 988 laga di semua ajang itu, Mourinho tercatat mengemas 633 kemenangan, 196 hasil imbang, dan 159 kali kalah. 

Selama 21 tahun kariernya sebagai pelatih, Mourinho telah meraih delapan gelar liga domestik dan dua gelar juara Liga Champions. Eks pelatih Chelsea itu pun memiliki ambisi besar dalam merayakan pencapaian laga ke-1.000 sebagai pelatih. Tidak hanya itu, Mourinho juga ternyata memiliki keinginan untuk memberikan persembahan pada chairman Tottenham Hotspur, Daniel Levy. Levy memang telah genap 20 tahun memimpin tim asal London Utara tersebut. Pengusaha asal Inggris itu resmi menggantikan Alan Sugar sebagai chairman Spurs pada Februari 2001. 

Penunjukan Levy ini menyusul keberhasilan perusahaan investasi asal Inggris, ENIC, mengambil alih saham mayoritas The Lillywhites. Di ENIC, Levy diketahui memiliki saham sebesar 27,5 persen. Levy terus memimpin Spurs hingga saat ini. 

''Saya bukan orang yang kuat dalam ingatan soal catatan statistik, tapi laga ke-1000 saya juga sepertinya datang pada musim ini. Dalam karier saya, di mana saya cukup beruntung bisa mendapatkan berbagai trofi, akan sangat menyenangkan bisa merayakan capaian 1.000 laga itu bersama dia dengan raihan trofi buat Spurs,'' tutur Mourinho seperti dilansir Independent, Kamis (11/3). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement