Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Sholat Ajarkan Disiplin Berbagai Hal

Kamis 11 Mar 2021 12:42 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Ilustrasi Shalat Malam

Foto:
Lewat sholat, umat Islam dituntut mampu menerapkan disiplin waktu.

Banyak hikmah yang tersirat dari perintah sholat 5 waktu. Antara lain, umat Islam belajar disiplin terhadap banyak hal. Umat Islam dituntut mampu menerapkan disiplin waktu. Membagi waktu 5 kali dalam sehari. Lalu disiplin dalam melaksanakan kewajiban salat sesuai wahyu yang diberikan Allah kepada Rasulullah.

Bentuk lainnya adalah disiplin dalam melaksanakan syarat sahnya sholat. Mulai menutup aurat, hingga disiplin berbagai gerakan yang ada pada ibadah tersebut. Tanpa disadari, pola perilaku disiplin menjalankan ibadah, hendaknya tercermin pada kehidupan sehari-hari.

Apabila umat Islam bisa disiplin dalam menjalankan ibadah, maka seyogyanya mereka pun bisa disiplin dalam hal lainnya. Termasuk disiplin menerapkan standar protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.
 
Pertambahan kasus Covid-19 di Jawa Timur mulai landai. Persentase kasus aktif positif berada di bawah dua persen. Bed ocupancy rate juga turun drastis. Kondisi yang seperti ini harus tetap dijaga. Disiplin adalah kuncinya.

Pemerintah Provinsi hanya menjembatani melalui PPKM Mikro. Realisasi tetap bergantung pada tingkat kedisplinan masyarakat. Bagaimana masyarakat disiplin menggunakan masker, menjaga jarak, serta sering mencuci tangan menggunakan sabun.

Pekan ini ada libur panjang di akhir pekan. Imbauan pemerintah adalah tetap berada di rumah. Hindari kerumunan. Sebab Covid-19 belum selesai.

Pertambahan kasus sangat fluktuatif. Semua tidak menginginkan kasus positif Covid-19 kembali naik. Disiplin adalah modal utama. Mari kita jadikan salat sebagai penguat disiplin pribadi dalam berbagai hal.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA