Kamis 11 Mar 2021 09:56 WIB

Swiss Terima 1 Juta Dosis Vaksin dari Moderna dan Pfizer

320.000 orang di Swiss telah mendapatkan suntikan kedua vaksin Covid-19.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Vaksin Covid-19 (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Ted S. Warren
Vaksin Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Swiss mengharapkan mendapatkan 1 juta dosis vaksin Covid-19 dari Moderna dan Pfizer bulan ini.  Sebelumnya negara ini telah menerima sekitar 1,1 juta pada Januari dan Februari.

"Kami terus meningkatkan volume pengiriman setiap bulan, dan kami berharap itu akan membantu kami mencapai target kami," kata kepala upaya logistik vaksin Kementerian Kesehatan, Nora Kronig.

Baca Juga

Kronig menambahkan, sebanyak  900.000 orang sejauh ini telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19. Sedangkan 320.000 orang telah mendapatkan suntikan kedua.

Pengiriman Maret yang direncanakan melebihi harapan awal. Kronig mengatakan Swiss akan cukup untuk menebus volume yang sedikit lebih rendah yang tiba bulan lalu.

Swiss berharap untuk memvaksinasi semua warganya berjumlah 8,6 juta orang pada musim panas. Kronig menyatakan, saat ini Swiss berada di jalurnya, terutama dengan persetujuan potensial dari vaksin baru dalam beberapa minggu. Vaksinasi massal di luar orang tua akan dimulai pada kuartal kedua.

Infeksi baru yang dilaporkan pada Selasa (9/3) mencapai 1.378 kasus, jauh di bawah rekor lebih dari 10.000 dari November tahun lalu. Meski begitu, kasus-kasus sedikit meningkat sejak pertengahan Februari, didorong oleh mempercepat infeksi dengan varian baru virus.

Anggota Satuan Tugas Covid-19 Swiss, Martin Ackermann, mendesak lebih banyak pengujian, langkah-langkah kebersihan yang berkelanjutan, dan vaksinasi agresif. "Pada saat ini, jumlah orang yang telah menerima dosis masih terlalu kecil untuk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap infeksi baru," katanya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement