Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Film Komedi Prancis La Famille Bélier Tayang di Klik Film

Kamis 11 Mar 2021 09:29 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti

Film peraih empat penghargaan di Festival FIlm Sundance, La Famille Bélier, kini hadir untuk penonton Indonesia di Klik Film.

Film peraih empat penghargaan di Festival FIlm Sundance, La Famille Bélier, kini hadir untuk penonton Indonesia di Klik Film.

La Familie Bélier meraih empat penghargaan di Festival Film Sundance.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sinema Prancis La Famille Bélier hadir untuk penonton Indonesia lewat platform digital Klik Film. Tayangan drama komedi arahan sutradara Éric Lartigau itu telah dirilis pada 2014 silam.

Plot film menyoroti sosok Paula Bélier (Louane Emera) yang dibesarkan di lingkungan pertanian dan peternakan. Kedua orang tuanya, Rodolphe Bélier (Francois Damien) dan Gigi Bélier(Karin Viard) adalah difabel rungu dan difabel wicara.

Adik laki-lakinya, Quentin (Luca Gelberg), juga seorang penyandang difabel. Suatu hari, ada audisi paduan suara di sekolah Paula yang meminta para murid untuk unjuk vokal di depan guru musik, Pak Thomasson (Eric Elmosnino).

Paula diterima dengan alasan punya alto bagus. Sementara sahabat Paula, Mathilde (Roxane Duran), ditolak karena suaranya tidak sesuai. Thomasson memasangkan Paula dengan Gabriel karena vokal mereka dinilai harmonis.

Suatu ketika, Pak Thomasson mendorong Paula mengikuti audisi bergengsi "Maîtrise de Radio France" di Paris. Jika menang seleksi, Paula bisa memiliki karier bagus dan mengejar pendidikan tinggi. Namun, itu artinya meninggalkan keluarga.

Keunikan sinema ini terletak pada ide menempatkan remaja dengan bakat menyanyi dalam lingkungan keluarga yang tidak bisa mendengar dan berbicara. Sulit untuk meyakinkan orang tua Paula bahwa putrinya pintar bernyanyi.

Karena kondisi tersebut, interaksi para tokoh dalam film banyak menggunakan bahasa isyarat. Pada akhirnya, film membawa penonton pada sebuah pemahaman klasik, bahwa keluarga adalah segalanya.

Direktur Klik Film, Frederica, menyampaikan hadirnya La Famille Bélier menjadi upaya menghadirkan film-film bagus dari lintas negara. "Banyak lagi kejutan yang akan kami hadirkan," kata Frederica lewat pernyataan resminya.

Versi asli La Famille Bélier telah digarap ulang menjadi film berbahasa Inggris berjudul CODA yang baru dirilis Januari 2021 silam. CODA meraih empat penghargaan sekaligus di Festival Film Sundance.

Beberapa di antaranya adalah kategori "US Grand Jury Prize", "US Dramatic Audience Award", dan "Special Jury Ensemble Cast Award". Sutradara CODA, Sian Heder, memenangkan gelar sutradara terbaik untuk "US Dramatic".

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA