Salah dan Mane Cetak Gol Lagi, Liverpool ke Perempat Final

Red: Israr Itah

Penyerang Liverpool Mohamed Salah (kanan) kembali menjebol gawang RB Leipzig pada pertandingan kedua 16 besar Liga Champions..
Penyerang Liverpool Mohamed Salah (kanan) kembali menjebol gawang RB Leipzig pada pertandingan kedua 16 besar Liga Champions.. | Foto: EPA-EFE/Szilard Koszticsak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mohamed Salah dan Sadio Mane kembali menjadi hantu bagi pertahanan RB Leipzig. Keduanya membobol gawang wakil Jerman itu lagi untuk mengantarkan Liverpool lolos ke perempat final Liga Champions seusai menang 2-0 dalam leg kedua babak 16 besar di Stadion Puskas Arena, Budapest, Kamis (11/3) dini hari WIB.

Keduanya juga menjadi pencetak gol saat Liverpool menang dengan skor serupa di leg pertama tiga pekan lalu. The Reds melaju berkat kemenangan agregat 4-0 atas Leipzig, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca Juga

Kedua tim memasuki pertandingan dengan sama-sama menerapkan permainan dengan intensitas dan garis pertahanan yang tinggi. Ini membuat babak pertama berlangsung seru kendati tak ada gol tercipta.

Leipzig hampir membuka keunggulan pada menit ke-10 ketika terjadi kemelut di muka gawang Liverpool, tetapi kiper Alisson Becker bereaksi sigap untuk mementahkan tembakan Dani Olmo. Sebaliknya, Liverpool, tampak mendapati kebiasaan membuang peluang yang mereka lakukan di Liga Inggris menular ke Eropa. Diogo Jota, Salah, dan Thiago Alcantara melepaskan tembakan-tembakan yang masih mengarah tepat ke kiper Peter Gulacsi.

Pada pengujung babak pertama, peluang Leipzig melalui umpan silang Christopher Nkunku berakhir dengan sundulan yang melambung. Adapun Jota membuang cuma-cuma bola liar di muka gawang tim tamu.

Liverpool memasuki babak kedua dengan menciptakan peluang lebih dulu, yang sekali lagi diakhiri tembakan lurus ke arah Gulacsi oleh Jota. Andai masuk ke gawang, gol itu akan dianulir sebab hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside.

Leipzig terus berusaha memecahkan kebuntuan dan hampir berhasil pada menit ke-66 ketika sundulan Alexander Sorloth sudah menaklukkan Alisson, tetapi bola berakhir membentur mistar gawang sebelum disapu para pemain Liverpool.

Empat menit kemudian justru Liverpool yang akhirnya mencetak gol lebih dulu. Kombinasi trio penyerang mereka diakhiri penyelesaian dingin Salah ke pojok kiri bawah gawang setelah menerima umpan dari Jota.

Seusai mencetak gol, pelatih Liverpool Juergen Klopp menarik keluar Thiago dan Jota, masing-masing digantikan Naby Keita dan Divock Origi. Langkah itu terbukti mujarab. Sebab pada menit ke-74, Origi mengirimkan umpan silang matang ke arah Mane yang diselesaikan sempurna oleh penyerang Senegal itu untuk menggandakan keunggulan Liverpool.

Mane menjadi pencetak gol ke-100 Liverpool di Liga Champions di bawah kepelatihan Klopp dalam 44 pertandingan. Origi hampir mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-83 tetapi sepakannya masih menyamping dari sasaran. Lantas dua menit kemudian peluang lain yang didapatkannya dihalau oleh Lukas Klostermann yang pasang badan di muka gawang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Messi Gagal Penalti, Barcelona Terhenti di Liga Champions

Ditahan Imbang PSG, Barcelona Tersingkir dari Liga Champions

Liverpool Melaju ke Perempat Final Liga Champions

PSG Tahan Imbang Barcelona 1-1 di Babak Pertama

Babak Pertama, Liverpool 0-0 Leipzig

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image