Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Liverpool Melaju ke Perempat Final Liga Champions

Kamis 11 Mar 2021 04:53 WIB

Red: Bayu Hermawan

Pemain Liverpool Jota berebut bola dengan pemain RB Leipzig pada pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Puskas Arena, Kamis (11/3).

Pemain Liverpool Jota berebut bola dengan pemain RB Leipzig pada pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Puskas Arena, Kamis (11/3).

Foto: EPA
Liverpool mengalahkan RB Leipzig dengan skor 2-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool mengalahkan RB Leipzig dengan skor 2-0 pada pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Puskas Arena, Budapest, Hongaria, Kamis (11/3) dini hari WIB. Hasil ini membawa Liverpool lolos ke babak perempat final dengan agregat 4-0 atas RB Leipzig.

Babak pertama laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Liverpool melawan RB Leipzig di Stadion Puskas Arena, Budapest, Hongaria, pada Kamis (11/3) dini hari, masih berlangsung imbang tanpa gol. Kedua tim gagal memanfaatkan sejumlah peluang untuk dikonversi menjadi gol.

Baca Juga

Liverpool mengambil inisiatif untuk menekan Leipzig sejak awal pertandingan. Sementara Leipzig mengandalkan serangan balik dengan memanfaatkan pemain sayap mereka. 

Pada menit ke-7, Liverpool mendapat peluang melalui Sadio Mane, namun sayang tembakannya melambung. Tak tinggal diam, Liepzig melancarkan serangan melalui Nkunku dan Olmo, namun serangan tim asal Bundesliga itu masih bisa diamankan oleh Alisson.

Jual beli serangan diperagakan oleh kedua tim sepanjang sisa babak pertama. Liverpool mempunyai sejumlah peluang melalui Jota, dan Mohamed Salah, namun belum bisa membobol gawang Leipzig karena cemerlangnya penampilan Gulacsi. 

Sementara Leipzig juga beberapa kali merepotkan barisan pertahanan Liverpool. Namun, tidak ada satu pun peluang yang berhasil dikonversi menjadi gol ke gawang the Reds. Liverpool nyaris membobol gawang Leipzig jelang akhir babak pertama. Namun sayang tembakan Diego Jota melenceng ke samping gawang.

Hingga peluit tanda berakhir babak pertama, skor masih imbang 0-0. Liverpool mempunyai keuntungan aggregat gol 2-0 pada pertandingan ini. Artinya, Liverpol hanya butuh hasil imbang atau minimal tidak kalah lebih dari dua gol. Sementara Leipzig harus habis-habisan di babak kedua, jika tak ingin tersingkir dari Liga Champions.

Pada babak kedua, giliran RB Leipzig yang mengambil inisiatif menyerang. Tim asal Bundesliga itu mampu mengacak-acak barisan pertahanan Liverpool. Leipzig juga terlihat lebih dominan menguasai bola. Sementara Liverpool, meski melakukan tekanan, namun serangannya nyaris tidak membahayakan gawang Leipzig. 

Untuk menambah daya gedor, Nagelsmann, pelatih Leipzig, menganti dua penyerangnya dengan menarik Kevin Kampl dan Emil Forsberg kemudian memasukan Alexander Sorloth dan Justin Kluivert. Selain itu, Nagelsmann juga menganti Yussuf Poulsen dan memasukan Hwang Hee-Chan yang pernah membobol gawang Liverpool pada Liga Champions musim lalu.

Perombakan di lini depan cukup menambah daya serang Leipzig. Sorloth nyaris membobol gawang Liverpool namun sayang sundulannya hanya membentur tiang gawang.

Liverpool akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-70. Trio lini depan Si Merah merancang serangan balik, melalui Mane mengumpan bola ke Jota, sebelum diteruskan ke Salah. Mohamed Salah sempat mengontrol bola sebelum melepaskan tembakan ke pojok gawang yang gagal dihalau oleh Gulacsi. Liverpool unggul 1-0.

Usai gol pertama, Juergen Klopp kemudian menarik Diogo Jota dan Thiago, dan selanjutnya memasukan Origi dan Naby Keita. Pergantian ini berbuah manis, Liverpool berhasil mencetak gol kedua pada menit ke-74. Giliran Sadio Mane yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan silang dari Origi. Liverpool unggul 2-0.

Hingga wasit meniupkan tanda pertandingan berakhir, tak ada lagi gol tercipta. Liverpool memastikan diri lolos ke babak perempat final Liga Champions usai mengalahkan RB Liepzig dengan agregat 4-0.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA