Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Apakah Setan dan Iblis Mampu Goda Nabi Adam di Surga Kelak?

Rabu 10 Mar 2021 21:24 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Tidak ada dalil yang tegas terkait godaan iblis untuk Adam di surga kelak. Ilustrasi Surga

Tidak ada dalil yang tegas terkait godaan iblis untuk Adam di surga kelak. Ilustrasi Surga

Foto: Pixabay
Tidak ada dalil yang tegas terkait godaan iblis untuk Adam di surga kelak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nabi Adam dan setan atau iblis awalnya adalah penghuni surga. Namun, kesombongan Iblis akhirnya membuat dirinya dilaknat oleh Allah SWT diusir dari Surga.

Dari kisah itu juga disebutkan bahwa setanlah yang lebih dulu turun dari surga daripada manusia. Lalu apakah setan mampu memasuki surga lagi untuk menggoda Adam dan keturunannya, setelah diusir Allah SWT dari surga?

Baca Juga

Dalam buku berjudul “M Quraish Shihab Menjawab” dijelaskan, pertanyaan menyangkut setan yang menggoda Adam di surga memang sering diajukan, namun manfaat mengetahuinya tidak terlalu banyak.

Kendati demikian, menurut Quraish, perlu diketahui bahwa memang dalam surat al-A’raf ayat 13 dan 18 dikatakan bahwa iblis diperintahkan Allah untuk keluar dari surga, dan ketika itu Adam dan Hawa masih di sana. 

Nanti, setelah keduanya tergoda, baru Allah memerintahkan mereka meninggalkannya menuju bumi.

Namun, menurut  Quraish, godaan setan kepada Adam dan Hawa tidak dijelaskan Alquran, apakah itu dilakukan setan di dalam surga atau tidak.

Kalaulah berasumsi bahwa setan tidak mampu masuk ke surga lagi untuk menggoda, walaupun ini tidak ada dasarnya yang kuat, maka bisa saja rayuan dan godaan itu itu dilakukannya dari luar surga, dengan lambaiannya atau dengan rayuan suaranya yang terdengar Adam dan Hawa. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA