Rabu 10 Mar 2021 20:51 WIB

Kenotariatan Unpad Masukan Perbankan Syariah di Kurikulum

Indonesia sangat potensial untuk mengembangkan keuangan dan ekonomi syariah.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Webinar Fakultas Hukum UNPAD dan Ikatan Keluarga Alumni Notariat (IKANO) Unpad dengan Tema Branding Ekonomi Syariah Indonesia: Menuju Pusat Ekonomi Syariah Dunia pada Rabu (10/3) secara virtual.
Foto:

Menurut Ketua Umum IKANO Unpad Dr Ranti Fauza Mayana, ekonomi dan keuangan syariah mengalami perkembangan pesat dalam dua dasawarsa terakhir, baik secara global maupun nasional. The State of the Global Islamic Economy Report 2018/2019 melaporkan besaran pengeluaran untuk konsumsi dan gaya hidup halal berbasis syariah mencapai USD 2,1 triliun pada tahun 2017 dan diperkirakan akan terus tumbuh mencapai USD 3 triliun pada 2023. 

"Hal ini, tentunya berimplikasi pada peningkatan permintaan terhadap produk dan jasa halal secara signifikan termasuk produk dan jasa keuangan syariah," kata dia.

Indonesia sendiri, kata dia, menaruh perhatian yang sangat serius kepada perkembangan ekonomi syariah agar mampu memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. "Masterplan ekonomi syariah ditetapkan dengan mengusung visi Indonesia yang mandiri, makmur dan madani dengan menjadi pusat ekonomi syariah terkemuka di dunia," katanya.

Menurut Ranti, aksi korporasi berupa merger yang melibatkan PT Bank Syariah Mandiri (BSM), PT Bank BRISyariah, Tbk (BRIS) dan PT Bank BNI Syariah menjadi PT Bank Syariah Indonesia, Tbk (BSI) merupakan langkah konkrit yang meniupkan optimisme meningkatnya pangsa pasar konsumen produk keuangan syariah pasca merger. Serta, sebagai realisasi pembentukan bank syariah dengan aset terbesar di Indonesia yang dapat berkontribusi lebih optimal lagi dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

 

Webinar ini, kata dia, sebagai bentuk upaya menjalin komunikasi, sosialisasi, edukasi serta berkoordinasi untuk menyajikan literasi yang memadai mengenai pentingnya penguatan branding ekonomi syariah dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi nasional yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Serta pada akhirnya menempatkan Indonesia sebagai salah satu pusat ekonomi syariah dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement