Rabu 10 Mar 2021 20:46 WIB

Fakta Data Jelang PSG Lawan Barcelona 

Laga akan digelar dini hari nanti WIB.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
PSG Vs Barcelona.
Foto: Republika.
PSG Vs Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Paris Saint-Germain akan menjamu Barcelona pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Parc des Princes, Kamis (11/3) dini hari WIB. Tim tuan rumah mempunyai keunggulan agregrat 4-1, dan berpeluang besar lolos ke perempatfinal Liga Champions. 

 

Berikut adalah fakta dan data menjelang PSG melawan Barcelona: 

 

1 - PSG telah memenangkan dua dari tiga pertandingan terakhir mereka melawan Barcelona di Liga Champions UEFA (K1), jumlah yang sama dalam kemenangan yang mereka raih melawan tim Catalan dalam delapan pertemuan pertama mereka di kompetisi (M2 D3 K3). 

 

2 - Dalam sejarah Piala Eropa atau Liga Champions UEFA, tidak ada tim yang pernah lolos dari babak sistem gugur dalam dua leg setelah kalah di leg pertama di kandang dengan selisih tiga gol. 

 

3 - Ini akan menjadi pertemuan Liga Champions UEFA pertama antara PSG dan Barcelona di Parc des Princes sejak Februari 2017, ketika tim tuan rumah membukukan kemenangan 4-0. 

 

Ini tetap menjadi margin kemenangan terbesar PSG dalam pertandingan sistem gugur kandang di Liga Champions UEFA, sementara itu juga kekalahan terberat Barcelona dalam pertandingan sistem gugur tandang di kompetisi (juga 0-4 Vs Liverpool pada Mei 2019 dan Vs Bayern Muenche pada April 2013). 

 

4 - Barcelona hanya memenangkan satu dari sembilan pertandingan tandang terakhir mereka di babak sistem gugur Liga Champions UEFA (D3 K5), mengalahkan Manchester United 1-0 pada April 2019. Mereka hanya mencetak total tiga gol dalam sembilan pertandingan ini, sementara gagal untuk mencetak skor sama sekali di enam lainnya. 

 

5 - PSG telah mencetak setidaknya sekali dalam masing-masing dari 22 pertandingan terakhir mereka di Liga Champions UEFA di Parc des Princes (61 gol), dalam periode yang dimulai pada Desember 2015. Tim terakhir yang menjaga clean sheet di PSG pada kompetisi ini adalah rival Barcelona Real Madrid (0-0 pada Oktober 2015). 

 

6 - Barcelona belum kebobolan satu gol tandang di Liga Champions UEFA musim ini (tiga pertandingan), sementara mereka sebelumnya tidak pernah mencatatkan clean sheet dalam empat pertandingan tandang pertama mereka di Piala Eropa atau Liga Champions. 

 

7 - Menyusul kekalahan melawan Juventus dan PSG dalam dua pertandingan terakhir mereka di kompetisi, Barcelona akan menghadapi kemungkinan kalah tiga kali berturut-turut di Piala Eropa atau Liga Champions UEFA untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. 

 

8 - Jika Kylian Mbappe mencetak gol untuk PSG dalam pertandingan ini, ia akan menjadi pemain termuda yang mencapai 25 gol di Liga Champions UEFA, berusia 22 tahun 80 hari. Pemain termuda saat ini yang mencapai 25 gol dalam kompetisi ini adalah Lionel Messi, yang berusia 22 tahun dan 286 hari ketika mencapai pencapaian pada April 2010 melawan Arsenal. 

 

9 - Pemain Barcelona Lionel Messi hanya berakhir sebagai tim yang kalah dalam empat dari 75 pertandingan Liga Champions UEFA yang ia cetak, namun setengahnya terjadi saat melawan PSG - kekalahan 1-4 di leg pertama musim ini dan 2-3 di leg pertama di Parc des Princes pada September 2014. 

 

10 - Penyerang PSG Kylian Mbappe mencetak hat-trick di Camp Nou pada leg pertama, sementara tidak ada pemain yang pernah mencetak lebih dari tiga gol melawan Barcelona dalam satu kampanye Liga Champions UEFA.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement