Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Fakta Data Jelang Liverpool Vs RB Leipzig 

Rabu 10 Mar 2021 20:04 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pemain Liverpool Mohamed Salah (tengah) mencetak gol pertama timnya pada pertandingan sepak bola babak 16 besar Liga Champions, leg pertama, pertandingan sepak bola antara RB Leipzig dan Liverpool di Puskas Ferenc Arena di Budapest, Hongaria, Rabu (17/2) dini hari WIB.

Pemain Liverpool Mohamed Salah (tengah) mencetak gol pertama timnya pada pertandingan sepak bola babak 16 besar Liga Champions, leg pertama, pertandingan sepak bola antara RB Leipzig dan Liverpool di Puskas Ferenc Arena di Budapest, Hongaria, Rabu (17/2) dini hari WIB.

Foto: Tibor Illyes / MTI melalui AP
Kedua tim akan bentrok dini hari nanti WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Liverpool akan berhadapan dengan RB Leipzig pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Puskas Arena, Budapest, Rumania pada Kamis (11/3) dini hari WIB. The Reds datang dengan modal bagus setelah unggul 2-0 di pertemuan pertama. 

 

1- Liverpool tidak pernah tersingkir dari pertandingan knockout Piala Eropa atau Liga Champions UEFA setelah menang tandang di leg pertama - sebagai tambahan, terakhir kali mereka memenangkan kedua leg di babak 16 besar terjadi pada 2008/09 melawan Real Madrid. 

 

2 - Liverpool akan menjadi lawan Inggris ketiga yang dihadapi RB Leipzig di pertandingan tandang di Liga Champions UEFA sejak awal musim lalu (termasuk Tottenham Spurs dan Manchester United), sementara mereka menderita kekalahan terberat mereka dalam kompetisi Eropa melawan Man Utd di Old Trafford pada Oktober (0-5). 

 

3 - Ini akan menjadi kali ke-21 Liverpool menjamu tim lawan Jerman di semua kompetisi Eropa, sementara mereka tidak terkalahkan dalam 20 laga sebelumnya (M16 D4), mencetak 52 gol dan hanya kebobolan sembilan kali sebagai balasannya. 

 

4 - Hanya empat dari 12 kemenangan RB Leipzig di Liga Champions UEFA yang diraih dengan margin lebih dari satu gol (33 persen), namun terakhir kali mereka menang dengan lebih dari 2 gol di babak sistem gugur kompetisi adalah melawan tim Inggris lainnya, di Spurs musim lalu (3-0 di babak 16 besar leg kedua). 

 

5 - Sejak tim Borussia Dortmund dikalahkan oleh Bayern Muenchen di final Liga Champions UEFA 2012/13, manajer Liverpool Jurgen Klopp tidak terkalahkan dalam tiga pertandingan melawan perwakilan Jerman di kompetisi (M2 D1), dengan ketiga pertandingan itu datang di Babak 16 besar. 

 

6 - Liverpool dikalahkan oleh Atletico Madrid dalam pertandingan kandang terakhir mereka di babak sistem gugur Liga Champions UEFA (2-3 pada Maret 2020) - mereka belum pernah kalah dalam pertandingan kandang berturut-turut di babak sistem gugur kompetisi sejak antara 2006 dan 2007 di bawah Rafael Benitez (0-2 Vs Benfica dan 0-1 Vs Barcelona). 

 

7 - Sejak awal musim 2017/18, pemain Liverpool Roberto Firmino adalah satu dari hanya tiga pemain yang mencetak dua digit gol (15) dan assist (11) di Liga Champions UEFA, bersama dengan Lionel Messi dan Kylian Mbappe. 

 

8 - Angelino dari RB Leipzig telah terlibat langsung dalam enam dari 11 gol tim di Liga Champions UEFA musim ini (tiga gol dan tiga assist) - hanya Marcel Sabitzer yang sebelumnya secara langsung berkontribusi pada lebih banyak gol dalam satu musim untuk klub di kompetisi ( 7 pada 2019/20). 

 

9 - Mohamed Salah adalah pencetak gol terbanyak Liverpool di Liga Champions UEFA, mencetak 23 gol dalam 40 pertandingan untuk The Reds. Jika dia mencetak dua gol dalam pertandingan ini, dia akan mencapai 25 gol untuk klub Inggris dalam penampilan paling sedikit kedua dari pemain manapun di kompetisi, setelah Ruud van Nistelrooy untuk Manchester United (27). 

 

10 - Berdasarkan kualitas tembakannya, Emil Forsberg memiliki total gol yang diharapkan tertinggi dari pemain mana pun untuk RB Leipzig di Liga Champions UEFA musim ini (3).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA