Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

2020, Pelindo 1 Salurkan Dana PKBL Rp 22,65 Miliar

Rabu 10 Mar 2021 19:50 WIB

Red: Gita Amanda

Tahun 2020, Pelindo 1 berhasil menyalurkan total dana PKBL sebesar Rp 22,65 miliar.

Tahun 2020, Pelindo 1 berhasil menyalurkan total dana PKBL sebesar Rp 22,65 miliar.

Foto: Pelindo I
Dana Program Kemitraan ini diharapkan menjadi stimulus bagi usaha mikro kecil bangkit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah pandemi Covid-19, Pelindo 1 tetap menunjukkan komitmennya membantu masyarakat dan lingkungan melalui penyaluran dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Langkah ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang sedang kesulitan atau terdampak  pandemi, sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Tahun 2020, Pelindo 1 berhasil menyalurkan total dana PKBL sebesar Rp 22,65 miliar. Dana PKBL tersebut terbagi dalam dua program yakni Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan. Rinciannya dana program Kemitraan sebesar Rp 15,16 miliar dan dana program Bina Lingkungan  senilai Rp Rp 7,49 miliar

“Dana Program Kemitraan ini diharapkan dapat menjadi stimulus bagi usaha mikro kecil agar bisa bangkit kembali mengembangkan usahanya, yang selama ini terdampak  pandemi Covid-19. Kami berharap dana ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar di wilayah kerja Pelindo 1,” kata SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo 1, Basuki Soleh, dalam siaran persnya, Rabu (10/3).

Dana Program Kemitraan disalurkan dalam bentuk pinjaman modal untuk para pelaku usaha mikro kecil di berbagai sektor seperti industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan jasa. Hingga akhir tahun 2020, Pelindo 1 memiliki 1.379 mitra binaan yang tersebar di Provinsi Aceh, Sumut, Kepri dan Riau.

photo
Di tengah pandemi Covid-19, Pelindo 1 tetap menunjukkan komitmennya membantu masyarakat dan lingkungan melalui penyaluran dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). - (Pelindo I)

VP PKBL Pelindo 1, Fatimah Zuhra menambahkan, dalam pelaksanaan program Kemitraan, Pelindo 1 tidak hanya memberikan pinjaman dana semata, namun juga melakukan pembinaan dan pelatihan untuk mengoptimalkan kompetensi mitra binaan Pelindo 1 dalam menekuni bidang usahanya. “Pelindo 1 juga turut memberikan pelatihan kepada mitra binaan, khususnya tentang marketing digital untuk memperluas pangsa pasar secara online. Harapannya, program ini bisa membantu mengembangkan industri rumahan,” kata VP PKBL Pelindo 1, Fatimah Zuhra.

Adapun dana bina lingkungan disalurkan sebagai bantuan untuk korban bencana alam, bantuan pendidikan, peningkatan kesehatan, pengembangan sarana dan prasarana umum, bantuan sarana ibadah, pelestarian alam, dan bantuan sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Penyaluran dana tersebut dilakukan di empat propinsi yang merupakan lingkup area operasional Pelindo 1 yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau melalui cabang-cabang Pelindo 1 di daerah bersangkutan.

Terkait program Bina Lingkungan, pada tahun 2020, Pelindo 1 telah menyalurkan dana untuk program-program bina lingkungan unggulan seperti pengembangan kampung wisata ramah anak di Belawan yang meliputi penghijauan melalui pertanian hidroponik, menyediakan fasilitas rumah baca, mengembangkan usaha ternak lele, batik daun ecoprint, layanan kesehatan termasuk untuk penanggulangan Covid-19, dan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kampung Wisata Ramah Anak.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA