Rabu 10 Mar 2021 18:51 WIB

'Pembubaran Antrean Vaksinasi di Senayan Hoaks'

Kementerian BUMN dan Polsek Tanah Abang saling berkoordinasi untuk proses vaksinasi.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Mas Alamil Huda
Menteri BUMN Erick Thohir menyaksikan program vaksinasi lansia di Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama di Istora, Senayan, Jakarta, Senin (8/3).
Foto: Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir menyaksikan program vaksinasi lansia di Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama di Istora, Senayan, Jakarta, Senin (8/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membantah adanya informasi pembubaran antrean program sentra vaksinasi bersama di Senayan, Jakarta, untuk para pelayan publik dan lanjut usia (lansia) yang terdata di DKI Jakarta. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut, proses sentra vaksinasi bersama berjalan lancar. 

"Tidak benar ada Kapolsek Tanah Abang yang membubarkan antrean vaksinasi, silakan bisa langsung tanya ke Kapolsek apakah benar ada pembubaran antrean vaksinasi," ujar Arya di Jakarta, Rabu (10/3).

Arya mengatakan, Kementerian BUMN dan Polsek Tanah Abang justru saling berkoordinasi dalam penyelenggaraan sentra vaksinasi bersama. Kementerian BUMN, kata dia, bertanggung jawab terhadap proses vaksinasi di dalam area, sementara kondisi di luar area vaksinasi menjadi kewenangan Polsek Tanah Abang.

"Kita saling berkoordinasi, kita di dalam area itu bertanggung jawab dan di luar area menjadi tanggung jawab polsek, ada pembagian tugas dan itu jelas," kata Arya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mendorong semua perusahaan BUMN menjadi pioner untuk melakukan vaksinasi kepada lansia di lingkungan BUMN dan juga masyarakat. Erick mengatakan, upaya ini merupakan percepatan program Indonesia Sehat demi mendukung Indonesia Bekerja.

"Saat ini, kami membuka Sentra Vaksinasi Bersama di Istora Senayan, kemudian akan kami buka di Tennis Indoor sehingga insya Allah bisa memadai. Tempat yang cukup luas dengan fasilitas yang ramah lansia, saya harap bisa membantu percepatan (vaksinasi) lansia," ujar Erick saat menyaksikan inisiasi vaksinasi lansia yang berlangsung di Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama di Istora, Senayan, Jakarta, Senin (8/3).

Erick mengatakan, program vaksinasi tak hanya akan memacu sektor-sektor industri lain, baik swasta dan milik pemerintah dalam meningkatkan kepedulian akan kesehatan lansia di lingkungan, tapi juga untuk menumbuhkan produktivitas demi perbaikan pertumbuhan ekonomi di masa pandemi.

"Untuk itu, saya ajak semua untuk membawa orang tua, mertua, atau lansia yang ada di rumah untuk divaksin karena dengan vaksinasi para lansia akan terlindungi dari covid-19 sehingga kita dapat menurunkan laju penularan virus dan mengurangi beban kerja rumah sakit," kata Erick menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement