Rabu 10 Mar 2021 16:53 WIB

Pusat Perdagangan Ikan Hias di Pasar Musi Depok Diresmikan

Kota Depok menyumbang 80 juta ekor ikan hias per tahun bagi pasar ikan hias dunia.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH/kanan).
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah.
Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH/kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, meresmikan pusat perdagangan ikan hias di Pasar Musi, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. Imam berpesan kepada pengelola dan pedagang agar menggencarkan promosi sehingga sentra ikan hias ini bisa diketahui secara luas oleh masyarakat.

"Berkat dialog bersama teman-teman komunitas ikan hias dan difasilitasi oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok, alhamdulillah akhirnya komunitas ikan hias sekarang punya tempat yang memadai," ujar Imam usai meresmikan Pasar Ikan Hias di Pasar Musi, Rabu (10/3).

Menurut Imam, Indonesia mendominasi pasar ikan hias dunia dengan persentase 75 persen dan Kota Depok menyumbang 80 juta ekor ikan hias per tahunnya. Mayoritas berasal dari wilayah Bojongsari dan Sawangan. "Maka dari itu, saya meminta kepada para pedagang dan pengelola untuk melakukan inovasi dan kegiatan agar pasar ikan ini terus ramai," harapnya.

Kepala Disperdagin Kota Depok, Zamrowi Hasan mengatakan, pusat perdagangan penjualan ikan hias tersebut digagas oleh Betta Fish Project. Sejauh ini sudah terhimpun 135 pedagang dari 197 slot yang tersedia.

"Semoga teman-teman komunitas tidak berhenti melakukan inovasi sehingga selalu terbentuk jenis-jenis ikan yang bagus, berkualitas dengan harga yang terjangkau," pungkas Zamrowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement