Rabu 10 Mar 2021 14:31 WIB

Airin: Fokus Dukung Psikologis Pasien Covid-19

RLC zoa dua didesain secara modern dengan konsep glamping atau glamour camping.

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan
Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany meresmikan Rumah Lawan Covid-19 (RLC) zona dua di kawasan Tandon Ciater, Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (9/3)
Foto: Republika/Eva Rianti
Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany meresmikan Rumah Lawan Covid-19 (RLC) zona dua di kawasan Tandon Ciater, Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (9/3)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang Selatan meresmikan Rumah Lawan Covid-19 (RLC) zona dua di kawasan Tandon Ciater, Serpong, Tangerang Selatan pada Selasa (9/3). Dengan adanya peresmian tersebut, kapasitas tempat tidur bagi pasien Covid-19 di tempat isolasi itu menjadi 300 unit.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang langsung meresmikan RLC zona dua mengatakan, tempat tersebut didesain secara modern untuk lebih mendukung kondisi psikologis pasien Covid-19 melalui konsep glamping atau glamour camping. Dia menyebut, tempat isolasi memang harus dibikin untuk menciptakan rasa bahagia bagi pasien Covid-19.

"Setelah menjalani satu tahun penanganan Covid-19, salah satu yang perlu didorong adalah membuat pasien merasa bahagia dan tidak stres. Kalau stres imunitas turun, aantibodi sulit tumbuh sehingga dengan suasana begini orang bisa isolasi mandiri dengan kebahagiaan, itu target kami mudah-mudahan," ujar Airin.

Koordinator Rumah Lawan Covid-19 Suhara Manullang menuturkan, RLC zona dua memiliki sebanyak 150 tempat tidur, sama dengan kapasitas tempat tidur di zona satu sehingga jumlahnya menjadi 300 tempat tidur.

"Zona dua ini akhirnya selesai. Ada empat klaster dengan jumlah 150 bed. Kita bikin konsepnya arena terbuka karena Covid-19 kan kaitannya dengan psikis, jadi dibikin ruang terbuka," ujar dia.

Nantinya dalam pengoperasiannya, Suhara menyampaikan pasien Covid-19 yang akan menggunakan RLC zona dua merupakan pasien yang sudah menjalani isolasi sekitar 6 hingga 7 hari di RLC zona satu, bukan pasien baru. Hal itu dilakukan untuk menghindari bercampurnya pasien baru dan pasien yang sudah menghuni sebelumnya.

RLC zona dua memiliki sejumlah fasilitas yang terbilang lengkap. Selain fasilitas utama meliputi tempat tidur serta toilet, juga disediakan sarana prasana pendukung seperti mesin cuci dan air condition (AC) standing. Tersedia juga fasilitas publik seperti panic button, CCTV, dan jalur evakuasi.

Pantauan Republika, RLC zona dua berada persis di belakang RLC zona satu. Suasananya tampak asri, indah, dan unik. Persis seperti tempat untuk camping yang bentuknya semacam pervilaan.

Di bagian tengah tiap klaster terdapat tempat duduk yang dilengkapi dengam pepohonan yang membikin suasana makin nyaman. Di setiap klaster juga terpasang lampu yang dipasang secara estetik sehingga menambah nuansa hangat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement