Rabu 10 Mar 2021 08:40 WIB

Kenalan Yuk dengan Prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI

Prodi Ilmu Komunikasi UBSI telah menorehkan prestasi nasional dan internasional.

Prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI telah membukukan berbagai prestasi di bidang akademik maupun non-akademik tingkat nasional maupun internasional.
Foto: Dok UBSI
Prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI telah membukukan berbagai prestasi di bidang akademik maupun non-akademik tingkat nasional maupun internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ilmu Komunikasi merupakan bidang studi yang pelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, komunikasi media sosial hingga seni.

Program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi  (Ilkom) Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI (FKB), pada HUT ke-33 BSI (3/3)  berupaya menjawab tantangan sekaligus menghasilkan lulusan yang kompeten dan bersaing di bidangnya pada era yang akan datang.

Menurut, Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas BSI, Anisti, untuk mencapai hal itu,  Prodi Ilkom  mendesain kurikulum yang menunjang visi prodi yakni menjadi program studi yang unggul dalam komunikasi dan bahasa berbasis teknologi komunikasi dan informasi untuk mendukung ekonomi kreatif 2033.

“Prodi ini memokuskan pada dua peminatan yakni Digital Public Relation serta TV dan Film. Profil lulusannya bisa berkiprah pada bidang public relation atau kehumasan, televisi, film dan media baru lainnya,” tutur Anisti dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia mengatakan, selang setahun setelah terbentuknya Prodi Ilmu Komunikasi kampus BSI pada tahun 2019 lalu, badai pandemi Covid-19  menghantam semua sendi kehidupan negara ini termasuk aktivitas kampus.

“Namun demikian, usia muda serta pandemi ini bukan halangan untuk pemenuhan aktivitas Tri Dharma sivitas akademika Prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI. Keterbatasan jarak demi mencegah penularan bukan juga halangan dalam pembelajaran,” paparnya.

Beragam video instruksional sesuai dengan mata kuliah telah dibuat untuk membantu penjelasan dalam proses belajar mengajar mahasiswa di lingkungan Prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI.

Prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI juga telah mengimplementasikan konsep kampus Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Dengan demikian mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas BSI akan diberikan keleluasaan selama dua semester pada program belajarnya untuk melakukan kegiatan di  luar kelas atau magang,” ujarnya.

Walaupun Prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI baru berjalan dua tahun dan usianya masih relatif muda, namun capaian sivitas akademikanya patut dibanggakan. Tercatat 12 hak cipta, lima judul buku yang memiliki ISBN, satu jurnal internasional terindeks Scopus serta satu seminar internasional telah berhasil dilakukan. 

Ia melanjutkan, beberapa dosen Prodi Ilmu Komunikasi kampus BSI juga telah bersertifikasi pendidik (serdik) dan mempunyai sertifikasi kompeten yang diperolah dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sesuai dengan mata kuliah yang diajar. Bahkan di  antaranya telah memegang sertifikat kompetensi asesor yang dikeluarkan BNSP.  

“Tidak mau kalah dengan dosennya, mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI selama kurun waktu 2019 sampai dengan 2020 juga berhasil mengukir prestasi dengan meraih 11 gelar kejuaraan baik sifatnya akademik, seni maupun olahraga. Kesebelas gelar tersebut diperoleh dari delapan lomba tingkat lokal, dua tingkat nasional dan satu tingkat internasional,” jelasnya.

Sebagai bentuk konkret kepedulian dan kontribusi kepada masyarakat serta sekaligus menjalankan salah satu kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka Prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI telah melakukan pengabdian masyarakat.

Melalui kerja sama dengan instansi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta prodi Ilmu Komunikasi kampus BSI berupaya membantu Serikat Nelayan Indonesia (SNI). Ini menjadi salah satu bentuk program pengabdian masyarakat berkelanjutan selain pengabdian masyarakat lainnya yang bersifat insidensial.

“Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas BSI berupaya terus menjalin sinergitas dengan pemangku kepentingan ataupun dunia usaha. Ini dilakukan untuk menjaga konsep sinkronisasi  antara dunia kampus dengan dunia usaha,” katanya.

Saat ini tercatat ada 31 kerja sama dengan mitra yang berskala nasional. Jumlah tersebut terdiri dari kerja sama dengan mitra yang prosesnya masih berlangsung dilaksanakan ataupun yang telah dilakukan. Ke   depannya program kerja sama bersama mitra seperti ini akan terus ditingkatkan baik dalam segi jumlah maupun tingkat skalanya.

“Betapapun semua pencapaian keberhasilan, prestasi yang telah diraih sivitas akademika program studi Ilmu Komunikasi universitas BSI mustahil tanpa perjuangan serta kerja sama secara komprehensif dengan seluruh sivitas akademika Universitas BSI,” tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement