Rabu 10 Mar 2021 05:02 WIB

Imbang 2-2 Lawan Sevilla, Dortmund Tetap Lolos

Dortmund unggul agregat 5-4 setelah menang 3-2 pada leg pertama.

Striker Borussia Dortmund Erling Haaland merayakan gol ke gawang Sevilla.
Foto: EPA-EFE/LARS BARON
Striker Borussia Dortmund Erling Haaland merayakan gol ke gawang Sevilla.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Borussia Dortmund memastikan lolos ke babak perempat final Liga Champions 2020/2021. Kepastian itu setelah Dortmund mengalahkan Sevilla dengan agregat 5-4. 

Dortmund unggul 3-2 pada leg pertama di markas Sevilla. Pada leg kedua di Signal Iduna Park, Rabu (10/3) dini hari WIB, Sevilla sebenarnya tampil agresif dan sempat memaksa Dortmund bermain bertahan. Namun, Sevilla harus puas dengan hasil imbang 2-2. 

Baca Juga

Dortmund unggul lebih dulu melalui dua gol dari Erling Haaland, sedangkan Sevilla mencetak dua gol dari Youssef En-Nesyri. Ini merupakan pencapaian Dortmund setelah terakhir kali mencapai fase delapan besar pada musim 2016/2017.

Jalannya pertandingan

Sevilla langsung mencoba melakukan serangan ke lini pertahanan Borussia Dortmund. Namun, upaya Oscar Rodrigues, En-Nesyri, dan kawan-kawan masih bisa dihalau Marwin Hitz, Emre Can, dan Mahmoud Dahoud.

Erling Haaland dan Thorgan Hazard mencoba membuka peluang bagi Dortmund. Namun, Die Borussen lebih banyak memeragakan permainan bertahan.

Sementara Ocampos menggiring bola dan memberikan umpan kepada Suso. Namun, bola hasil tembakan bekas pemain AC Milan itu masih melebar dari gawang. 

Dortmund justru berhasil mencetak gol lebih dulu pada menit ke-35. Dortmund membangun serangan dari sisi kiri melalui Delaney yang mencoba menerobos pertahanan Sevilla. Ia lalu mengoper bole ke Dahoud yang mengarahkan bola ke Reus. 

Reus yang berhadapan langsung dengan kiper Sevilla, Yassine Bounou, tidak langsung melesakkan bola ke gawang. Ia justru mengirimkan bola ke Haaland yang langsung menceploskan ke gawang Sevilla. 

photo
Youssef En-Nesyri - (EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL)

Dortmund mendapatkan peluang dari titik putih setelah pemain Sevilla, Jules Kounde, melakukan pelanggaran di area kotak terlarang. Haaland mendapatkan kesempatan mengeksekusi penaliti, yang digagalkan oleh Bounou. 

Namun, Haaland berhasil mencetak gol pada hadiah penalti kedua pada menit ke-54. Youssef En-Nesyri berhasil memperkecil ketertinggalan Sevilla melalui titik putih pada menit ke-68 dan gol pada menit injury time 90+6. 

Namun, dua gol tersebut tidak bisa menyelamatkan Sevilla dari kekalahan agregat 5-4. Dortmund ke babak 8 besar, sedangkan Sevilla tersingkir.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement