Selasa 09 Mar 2021 23:11 WIB

Hima Humas UBSI Kembangkan Kemampuan & Kreativitas Mahasiswa

Sudah banyak kegiatan yang telah diadakan oleh Hima Humas Universitas BSI.

Himpunan Mahasiswa (Hima) Prodi Humas Universitas BSI menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas mahasiswa.
Foto: Dok UBSI
Himpunan Mahasiswa (Hima) Prodi Humas Universitas BSI menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas mahasiswa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebagai generasi penerus bangsa, mahasiswa dituntut tidak hanya memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang akademik, namun juga wajib memiliki kemampuan lainnya sebagai penunjang keberhasilan mereka untuk siap terjun ke masyarakat.

“Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) atau yang lebih dikenal dengan Hima  Humas UBSI punya beberapa kegiatan kemahasiswaan baik yang bersifat akademik, sosial maupun peningkatan kreativitas,” tutur Kepala Program Studi Hubungan Masyarakat/ Public Relations (Prodi Humas) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Ita Suryani, Rabu (3/3).

Ita mengatakan, sudah banyak kegiatan yang telah diselenggarakan oleh Hima Humas Universitas BSI dalam rangka membina mahasiswa di lingkungan Prodi Humas. Tujuannya  agar mereka terampil baik soft skill maupun hard skill serta mewujudkan mahasiswa Hubungan Masyarakat yang adaptif, kolaboratif, dan sebagai pelaku perubahan.

“Kegiatan kemahasiswaan yang telah diselenggarakan Hima  Humas Universitas BSI antara lain  Hima  Humas Show  melalui live Instagram. Kegiatan ini merupakan ajang sarana informasi dan diskusi tentang dunia kehumasan dengan narasumber yang handal di bidang Humas dan juga beberapa alumni Humas Universitas BSI yang telah berkarya di bidang kehumasan,” ujarnya dalam ilis yang diterima Republika.co.id.

Selanjutnya, Hima Humas UBSI juga memiliki kegiatan bedah buku  yang diadakan di Taman Kota Bekasi serta beberapa kegiatan lainnya. Kegiatan tersebut antara lain Pelatihan Literasi Digital  yang berkolaborasi dengan Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia).

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa prodi Humas Universitas BSI dalam lingkup literasi digital dan digital marketing,” katanya.

Ia menyebutkan,Humas UBSI juga aktif berdiskusi dalam peringatan hari HAM internasional. Kegiatan yang merupakan  hasil kolaborasi Hima Humas UBSI dengan Gaung Muda Peduli HAM itu membahas mengenai delapan kasus HAM yang ada di Indonesia.

“Kegiatan yang berkenaan dengan penunjang peningkatan kemampuan dalam dunia kehumasan pun telah beberapa kali dilakukan oleh anggota Hima  Humas UBSI, di  antaranya menjadi Master of Ceremony (MC), moderator, dan bahkan narasumber dalam berbagai kegiatan mahasiswa baik internal maupun eksternal,” paparnya.

Dalam ajang perlombaan antarmahasiswa, Hima  Humas Universitas BSI kerapkali mengikuti kompetisi. Seperti Debat Mahasiswa Indonesia dan lomba Fact Checking antar-Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia.

“Sedangkan beberapa kegiatan Hima  Humas Universitas BSI yang bersifat sosial yakni Donasi Peduli Covid-19  dan  Donasi Peduli Banjir Bekasi  yang terselenggara atas kerja sama Hima  Humas UBSI dengan semua Ormawa se-UBSI,” katanya.

Salah satu wujud integritas Hima  Humas UBSI di masa pandemi Covid-19 ini ialah dengan mengadakan kegiatan melalui Zoom cloud meetings maupun media sosial kelembagaan.

“Hal ini diupayakan untuk tetap menjadikan Hima Humas UBSI sebagai wadah pemersatu dan pembangkit semangat mahasiswa khususnya Prodi Humas UBSI untuk tetap menjalani aktivitas mereka meskipun dalam kondisi keterbatasan yang disebabkan oleh Covid-19,” ungkapnya.

Hima  Humas UBSI menjadi wadah yang tepat bagi mahasiswa program studi Hubungan Masyarakat Universitas BSI dalam mengembangkan potensi diri, melatih kedisiplinan, keberanian dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

“Dengan adanya kelembagaan mahasiswa di  tingkat perguruan tinggi seperti Hima  Humas UBSI, diharapkan dapat menjadi penggerak bagi mahasiswa untuk saling mengenal, membentuk jiwa intelektual dan menyalurkan aspirasi yang bertanggung jawab,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement