Rabu 10 Mar 2021 06:46 WIB

Manfaat Menambahkan Bubuk Kakao ke dalam Kopi

Bubuk kakao yang dicampur dengan kopi bisa mempercepat metabolisme.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Bubuk kakao yang dicampur dengan kopi bisa mempercepat metabolisme.
Foto: www.freepik.com
Bubuk kakao yang dicampur dengan kopi bisa mempercepat metabolisme.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi menjadi minuman favorit dari banyak orang di seluruh dunia. Bahkan, tidak sedikit diantaranya yang mungkin merasa tak dapat memulai hari dengan setidaknya mengkonsumsi secangkir minuman ini. 

Dilansir Womansworld, Selasa (9/3), banyak orang yang menyukai kopi dengan berbagai tambahan seperti pemanis maupun krim. Meski terkadang tidak sehat, hal ini dirasa menambah kenikmatan minuman bagi sebagian yang tidak menyukai rasa pahit. 

Baca Juga

Namun, ternyata ada cara yang lebih sehat agar tetap bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari kopi hitam. Ternyata, satu sendok bubuk kakao atau cokelat yang ditambahkan dalam kopi bisa membantu mempercepat metabolisme dan menurunkan berat badan. 

Selama ini, bubuk kakao dikenal sebagai salah satu bahan untuk membuat kue seperti brownies. Terapi, sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan dalam Molecular Nutrition & Food Research menunjukkan antioksidan yang ditemukan dalam kakao yang disebut polifenol membantu mengatur metabolisme dan mengurangi peradangan kronis.

Termasuk juga dalam produk cokelat hitam (dark chocolate) yang dikenal sebagai salah satu produk paling sehat diantara jenis cokelat lainnya untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan polifenol tinggi. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research juga mendukung hal ini, menyebut bahwa kandungan dalam kakao dan dark chocolate dapat mencegah dan mengurangi kelebihan berat badan.

Selain itu, polifenol diketahui membantu melawan tanda-tanda penuaan dan meningkatkan kesehatan jantung. Dengan manfaat kesehatan yang menakjubkan ini, jadikanlah bubuk kakao sebagai pilihan baru untuk menambah kelezatan di secangkir kopi Anda.

Setelah secangkir kopi diseduh, campurkan sekitar satu sendok makan bubuk kakao. Jika menyukai produk susu tertentu untuk menjadi tambahan dalam kopi, bubuk cokelat tetap bisa dimasukkan, karena selain menghasilkan rasa yang nikmat, ini akan mempercepat metabolisme tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement