Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Empat Bidang Studi UI Masuk Jajaran Terbaik di Dunia

Selasa 09 Mar 2021 11:57 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Erik Purnama Putra

Gedung rektorat Universitas Indonesia (UI) di Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

Gedung rektorat Universitas Indonesia (UI) di Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

Foto: Humas UI
Tercatat 12 bidang studi di UI masuk jajaran pemeringkatan dunia versi QS WUR.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- The Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) by Subject 2021 merilis peringkat universitas top di dunia. Hasilnya, Universitas Indonesia (UI) sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dalam empat bidang studi. Keempat bidang studi tersebut adalah Medicine, Law & Legal Studies, Politics, dan Modern Languages.

Jika ditinjau dari lima rumpun ilmu (broad subject area) yang dikategorikan QS World, ilmu Arts and Humanities UI menempati peringkat 287 dunia, ilmu Engineering & Technology UI berada di peringkat 326, ilmu Life Sciences & Medicine UI di urutan 401-450 dunia, dan ilmu Social Sciences & Management UI menduduki peringkat 218 dunia.

"Dari lima rumpun ilmu, tercatat 12 bidang studi di UI yang berhasil masuk dalam jajaran pemeringkatan dunia. Capaian ini menunjukkan bahwa UI sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia berhasil direkognisi dunia dan masuk dalam jajaran perguruan tinggi unggul di antara 1,440 institusi dari 85 negara," ujar Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia, Senin (8/3).

Menurut Amelita, ke-12 bidang studi tersebut, lima di antara nya berada pada rumpun ilmu Social Sciences & Management, yaitu Accounting & Finance (peringkat 201-250 dunia), Economics & Econometrics (peringkat 351-400 dunia), Law & Legal Studies (peringkat 151-200 dunia), Politics (peringkat 151-200 dunia), dan Sociology (peringkat 251-300 dunia).

Pada rumpun ilmu Engineering & Technology, empat bidang studi berhasil masuk dalam pemeringkatan dunia. Bidang studi Computer Science & Information Systems meraih peringkat 251-300 dunia, bidang studi Electrical & Electronic Engineering (peringkat 251-300 dunia), Mechanical Engineering (peringkat 351-400 dunia), dan Chemical Engineering (peringkat 351-400 dunia).

Pada rumpun ilmu Arts and Humanities, bidang studi Modern Languanges Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI memperoleh peringkat 101-150 dunia. Dari rumpun ilmu Life Sciences & Medicine, Kedokteran menduduki peringkat 251-300 dunia dan merupakan yang tertinggi di Indonesia. Dari rumpun ilmu Natural Sciences, Geography menempati peringkat 151-200 dunia.

Rektor UI Ari Kuncoro menuturkan, UI memiliki keunggulan dalam menyelenggarakan program pendidikan berbagai rumpun ilmu yang tidak dibatasi oleh sekat-sekat bidang ilmu. Kolaborasi ragam keilmuan yang tersedia di UI, sambung dia, diharapkan dapat menghasilkan pengembangan ilmu, terobosan invensi, dan berbagai inovasi kreatif yang bermanfaat bagi rakyat dan Bangsa Indonesia.

"Setiap program studi yang diselenggarakan UI, baik program pendidikan vokasi, sarjana, maupun pascasarjana, mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing global," jelas Ari.

The QS World University Rankings by Subject 2021 mencakup total 51 disiplin ilmu, yang dikelompokkan ke dalam lima rumpun ilmu. Pemeringkatan ini dirilis oleh QS untuk membantu masyarakat mengenali universitas terkemuka pada rumpun ilmu dan/atau bidang ilmu tertentu.

Pemeringkatan perguruan tinggi di dunia berdasarkan bidang ilmu itu ditentukan berdasarkan penilaian atas empat indikator. Pertama, jumlah sitasi penelitian yang dicapai universitas per makalah dalam subjek tersebut (data kutipan bersumber dari Scopus selama periode lima tahun). Kedua, reputasi akademik.

Ketiga, ’H-index’ yang mengukur produktivitas dan dampak penelitian akademisi yang sudah dipublikasikan, dan hasil survei global yang dilakukan kepada pengguna lulusan dan kalangan akademisi. Pengumuman tentang QS World University Ranking by Subject 2021 dapat diakses pada laman: https://www.topuniversities.com/subject-rankings/2021.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA