Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

Cinta Laura Terus Aktif Suarakan Nilai-Nilai Perempuan

Selasa 09 Mar 2021 11:56 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Cinta Laura dukung perempuan berani bersuara dan melawan pelecehan seksual (Foto: aktris Cinta Laura - tengah)

Cinta Laura dukung perempuan berani bersuara dan melawan pelecehan seksual (Foto: aktris Cinta Laura - tengah)

Foto: Antara/Aprillio Akbar
Cinta dukung perempuan berani bersuara dan melawan pelecehan seksual.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cinta Laura berbagi pandangannya terkait eksistensi perempuan. Menurut aktris dan penyanyi berusia 27 tahun itu, perempuan berhak mendapat kesempatan yang sama dengan laki-laki.

“Kita sebagai perempuan, aku percaya kita itu kuat, berharga, apa pun jalan hidup yang dipilih. Memilih jadi ibu rumah tangga, mengurus anak, berkarier tidak ingin mengikuti norma gender yang ada, semuanya mulia,” kata Cinta dalam webinar “Stand Up Melawan Pelecehan Seksual di Ruang Publik” bersama LOreal Paris, Senin (8/3).

Cinta berbagi pengalamannya tentang dirinya yang tidak pernah takut beropini sejak kecil. Hanya, ketika dewasa, ia memang melihat sejumlah kondisi yang dapat menghambat orang untuk mengemukakan suara mereka. 

Baca Juga

“Tapi ketika dewasa, aku sering bertanya-tanya, mengobservasi diri, aku sadar nggak ada definisi tepat mendeskripsikan wanita,” ujarnya.

Cinta tetap aktif menyuarakan nilai-nilai perempuan hingga saat ini. Hal itu juga termasuk mendukung keberanian perempuan berbicara dan mengetahui bentuk perlawanan terhadap pelecehan seksual. 

Para korban dan saksi sering kali tidak tahu harus berbuat apa jika dihadapkan dalam situasi tidak nyaman seperti pelecehan. Biasanya hal itu disebabkan karena takut, bingung, tetapi mereka juga tidak bisa disalahkan.

Menurutnya, penting untuk edukasi maupun training agar masyarakat menyadari bentuk dan cara menghadapi pelecehan seksual di ruang publik. Edukasi penting dilakukan mulai dari sekolah untuk menumbuhkan kesadaran sejak dini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA