Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Ketika Hamzah dan Umar Masuk Islam

Selasa 09 Mar 2021 12:47 WIB

Red: Ani Nursalikah

Ketika Hamzah dan Umar Masuk Islam

Ketika Hamzah dan Umar Masuk Islam

Foto: MgIt03
Tekanan kaum Quraisy terhadap Muslim makin meningkat saat itu.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh : Yunahar Ilyas

Kegagalan misi utusan Quraisy memulangkan kaum Muslimin dari Habsyah membuat orang-orang kafir Quraisy di Makkah tambah murka. Mereka semakin  meningkatkan tekanan kepada Nabi Muhammad SAW.

Segala cara mereka lakukan untuk mengganggu Nabi dan para pengikut beliau. Salah satunya apa yang dilakukan oleh Utbah putera Abu Lahab. Diriwayatkan bahwa pada suatu hari Utbah menarik baju Nabi dengan kasar sampai robek dan berusaha meludahi muka beliau, untunglah tidak kena.

Baca Juga

Nabi berdoa:”Ya Allah, terkamlah dia dengan salah satu anjing-Mu”. Allah SWT mengabulkan do’a Nabi. Dalam suatu perjalanan dengan beberapa orang Qurasy, sesampai di Zarqa’ wilayah Syam, malam-malam hari seekor singa terlihat mondar mandir mengincar mereka. Utbah mulai gentar.

“Sungguh celaka saudaraku! Jangan-jangan binatang itu memangsaku seperti do’a Muhammad atasku. Singa itu akan membunuhku, sementara dia ada di Makkah dan aku ada di Syam.“ Teman-temannya berinisiatif melindungi Utbah dengan melingkarinya. Tapi singa itu maloncatinya dan menerkam Utbah sampai tewas. (Ar-Rahiq al-Makhtum, hal. 124)

Di tengah-tengah tekanan yang semakin meningkat itu Hamzah dan Umar masuk Islam. Keislaman dua orang tokoh ini meningkatkan moral kaum Muslimin.

Hamzah ibn Abdul Muthallib, paman yang umurnya sebaya dengan Nabi itu masuk Islam di penghujung tahun ke-6 kenabian. Keislaman Hamzah yang dikenal pemberani dan suka berburu bermula dari penghinaan yang dilakukan Abu Jahal terhadap Nabi.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA