Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Makan Popcorn tak Selalu Buruk, Ini Dampak Positifnya

Selasa 09 Mar 2021 06:42 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Popcorn bisa jadi makanan sehat asal disantap dengan tepat.

Popcorn bisa jadi makanan sehat asal disantap dengan tepat.

Foto: pixabay
Popcorn bisa jadi makanan sehat asal disantap dengan tepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada kombinasi yang lebih baik dibandingkan film yang bagus dan semangkuk besar popcorn. Akan tetapi, tahukah Anda apa yang terjadi pada tubuh setiap kali seseorang menyantap berondong jagung?

Makan berondong jagung bisa memberikan sejumlah khasiat kesehatan, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan lainnya. Akan tetapi, efek tersebut juga tergantung pada berondong jagung yang disantap.

Lebih baik membuat sendiri berondong jagung di rumah secara manual (bukan dengan microwave) sehingga tidak mengandung pengawet atau tambahan lain. Berikut lima manfaat dari makan popcorn, dikutip dari laman Eat This, Senin (8/3).

Baca Juga

 

1. Menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes

Popcorn pada dasarnya adalah biji jagung, sehingga termasuk kategori makanan utuh. Menurut Asosiasi Jantung Amerika, menyantap biji-bijian utuh bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

 

2. Potensi hipertensi dan stroke

Ini bisa terjadi jika berlebihan menyantap popcorn yang dijual di gerai bioskop. Alih-alih bermanfaat, malah meningkatkan risiko hipertensi dan stroke karena kandungan tinggi sodium dalam satu porsinya.

 

3. Melancarkan peredaran darah

Popcorn adalah sumber antioksidan bernama polifenol, yang baik untuk melancarkan sirkulasi darah. Mengingat manfaat baik dari sirkulasi darah yang lancar ke semua organ vital, kondisi ini jelas merupakan hal positif.

 

4. Menurunkan berat badan

Makan popcorn bisa menjadi strategi penurunan badan yang efektif, asalkan menyantap jenis popcorn yang sehat. Berondong jagung rendah kalori dan membuat kenyang lebih lama karena kandungan seratnya.

 

5. Membantu kesehatan pencernaan

Kombinasi polifenol dan serat tinggi membuat popcorn amat membantu kesehatan pencernaan. Kudapan ini jauh lebih baik daripada keripik kentang atau pretzel ketika Anda sedang ingin menyantap camilan dengan rasa asin.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA