Senin 08 Mar 2021 22:21 WIB

Ada Penonton, Laga Turnamen Ternate Dihentikan

Laga semifinal TPL ini kami hentikan, karena disaksikan ratusan pendukung tim

turnamen ternate
Foto: antara
turnamen ternate

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE — Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Ternate, Maluku Utara terpaksa menghentikan laga semifinal sepakbola Ternate Premier League (TPL) di lapangan Gelora Kieraha Ternate karena disaksikan ratusan pendukung.

"Laga semifinal TPL ini kami hentikan, karena disaksikan ratusan pendukung tim yang berlaga, karena dipastikan adanya kerumunan yang berpotensi terjadinya peredaran virus COVID-19," kata Koordinator Bidang Penegakkan Hukum dan Pendisplinan Satgas COVID-19, Abdullah Sadik usai menghentikan turnamen itu, Senin (8/3).

Tim Satgas Penanganan COVID-19 Kota Ternate tidak akan menghentikan turnamen itu karena semua mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan tak disaksikan penonton.

Askot PSSI dan panitia Ternate Premier League (TPL) telah sepakat menggelar turnamen itu tanpa penonton, tetapi karena ada penonton dan terjadi kerumunan, maka Satgas COVID-19 menghentikan seluruh rangkaian turnamen itu.

"Tetapi, Satgas COVID-19 tetap memberi kesempatan melanjutkan TPL yang saat ini telah masuk babak semifinal. Jika ada penonton, maka tim Satgas akan menghentikan turnamen itu. Manajer klub harus menyampaikan kepada pendukungnya agar tidak menyaksikan laga babak semifinal," kata dia.

Ketua Panitia TPL Nyong Barakati menyatakan, panitia tetap mendukung keputusan menghentikan pertandingan kalau disaksikan pendukung karena sudah ada kesepakatan dan komitmen bersama antara panitia dan tim yang lolos ke semifinal hingga final untuk bertanding tanpa penonton.

Sesuai keputusan Medscom, pertandingan tetap dilanjutkan, tetapi kalau ada penonton, maka panitia disiplin akan bersikap.

Satgas telah menyiapkan surat kesepakatan bersama bahwa pada semifinal tidak boleh membawa pendukung dan supporter. Empat tim yang masuk semifinal turnamen ini adalah Indonesia Muda, Olimpik, Cordoba dan Mutiara.

Satgas COVID-19 Kota Ternate sudah menyurati otoritas berbagai cabang olahraga agar enghentikan sementara seluruh turnamen yang dapat membuat kerumunan manusia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement