Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Ridwan Kamil Kolaborasi dengan 22 UMKM Siapkan Karya Spesial

Senin 08 Mar 2021 20:13 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto

Gubernur Jawa Barat Ridwan tengah berkolaborasi dengan sekitar 22 produk lokal untuk memproduksi sebuah karya spesial.

Gubernur Jawa Barat Ridwan tengah berkolaborasi dengan sekitar 22 produk lokal untuk memproduksi sebuah karya spesial.

Foto: Istimewa
Gerakan #inilokalinikolaborasi membantu pengusaha lokal yang terpuruk karena pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan tengah berkolaborasi dengan sekitar 22 produk lokal untuk memproduksi sebuah karya spesial. Produk lokal yang terlibat tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Menurut Ridwan Kamil, kolaborasi itu tak sekedar gimmick. Sebab, secara langsung Ridwan Kamil ikut mencorat-coret desain tiap produk.

"Ini peristiwa pertama di Indonesia di mana endorser seorang pejabat, mengendorsnya itu bukan mempromosikan langsung. Tapi, terlibat dalam proses produksi. Nanti ada produk lokal yang didesain khusus oleh Ridwan Kamil. Total ada 22 brand yang merasa punya chemistry sama saya," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (8/3).

Emil mengatakan, gerakan yang dinamai #inilokalinikolaborasi tersebut, tak hanya sekedar ingin membantu pengusaha lokal yang sempat terpuruk karena pandemi Covid-19. Dia ingin mencoba gagasan baru dengan ikut serta mendesain serta memasarkannya. 

"Karena sifatnya khusus, ternyata yang mau bukan hanya Jabar, tapi saya membuka diri. Ada dari Jabar, Jateng, dan Jatim," katanya.

Emil berharap, ini menjadi contoh bagaimana pemimpin menolongnya dengan cara unik tidak harus bersifat (memberi) modal. "Bedanya saya punya basic desain karena berlatar belakang arsitek. Sehingga, brand juga punya semangat yang klik," katanya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA