Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Barisan Inovasi Fitur Mobil Ini Diciptakan Oleh Perempuan

Senin 08 Mar 2021 19:18 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

wiper kaca mobil. Wiper adalah salah satu inovasi yang ditemykan oleh seroang perempuan. Ilustrasi

wiper kaca mobil. Wiper adalah salah satu inovasi yang ditemykan oleh seroang perempuan. Ilustrasi

Foto: Autocar
Banyak inovasi bidang otomotif yang ditemukan oleh perempuan.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Hari ini, Senin (8/3) merupakan peringantan Hari Perempuan Internasional. Car and Driver pun mengungkap sejumlah inovasi dalam industri otomotif yang terwujud berkat ide cemerlang dari seorang perempuan yang terlibat dalam industri otomotif.

Dilansir pada Senin (8/3), sejumlah inovasi itu telah ditemukan sejak tahun 1800-an. Dan ternyata, inovasi itu banyak yang masih sangat dibutuhkan oleh pengendara saat ini.

Pertama adalah inovasi untuk soal car heater. Fitur yang sangat membantu bagi sejumlah negara empat musim itu ditemukan dikembangkan oleh seorang perempuan bernama Margaret A. Wilcox.

Fitur itu dipatenkan atas nama Margaret A. Wilcox pada 1893. Perempuan Amerika ini berperan dalam mendesain sistem yang menyalurkan hawa panas dari mesin menuju kabin mobil. Berkat jasanya, maka pengendara dapat menikmati fitur car heater dan bisa berkendara dengan nyaman saat musim dingin.

Selanjutnya, inovasi yang juga dimotori oleh seorang perempuan adalah wiper. Fitur sederhana yang sangat membantu pengemudi saat hujan ini rupanya dikembangkan oleh Mary Anderson dan dipatenkan pada 1903.

Perempuan berikutnya yang juga berjasa dalam industri otomotif adalah seorang aktris film layar lebar bernama Hedy Lamarr. Selain lihai dalam hal seni peran, perempuan Amerika kelahiran 1914 itu juga dikenal sebagai seorang ahli matematika.

Kecintaanya dalam dunia sains pun telah berjasa dalam pengembangan teknologi bluetooth dan GPS. Karena, Hedy Lamarr masuk dalam salah satu penemu frequency-hopping spread spectrum yang merupakan komponen kunci dalam wireless data systems.

Kini, temuanya itu pun jadi salah satu instrumen utama dalam wireless networking systems dan smartphone. Tak heran, perempuan ini kemudian mendapat julukan sebagai mother of Wi-Fi.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA