Senin 08 Mar 2021 16:55 WIB

Allah SWT Berikan Rezeki Siapa Pun tanpa Batasan

Allah SWT telah menjamin rezeki tiap makhluk yang hidup di dunia.

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT telah menjamin rezeki tiap makhluk hidup di dunia. Ilustrasi rezeki
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Allah SWT telah menjamin rezeki tiap makhluk hidup di dunia. Ilustrasi rezeki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Hamba Allah SWT yang beriman dan bertakwa tidak perlu khawatir terhadap rezeki mereka di dunia ini. 

Hal ini karena, Allah akan memberikan rezeki kepada siapa pun yang Dia kehendaki tanpa dimintai pertanggungjawaban. Dalam surah al-Imran ayat 37, Allah berfirman: 

Baca Juga

كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَۙ وَجَدَ عِنْدَهَا رِزْقًا ۚ قَالَ يٰمَرْيَمُ اَنّٰى لَكِ هٰذَا ۗ قَالَتْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يَرْزُقُ مَنْ يَّشَاۤءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

 “Setiap kali Zakaria masuk menemuinya di mihrab (kamar khusus ibadah), dia dapati makanan di sisinya. Dia berkata, “Wahai Maryam! Dari mana ini engkau peroleh?” Dia (Maryam) menjawab, “Itu dari Allah.” Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki tanpa perhitungan.”

Berdasarkan ayat tersebut, maka jika Anda selalu beriman kepada Allah, maka rezeki akan datang. Karena, Allah-lah yang menyediakan rezeki untuk Maryam, yang notabene memiliki iman yang tinggi kepada Tuhannya.   

Memang, Allah selalu memberikan rezeki kepada siapa pun yang Dia kehendaki tanpa dimintai pertanggungjawaban. Rasulullah SAW juga bersabda: 

لَوْ أَنَّكُمْ تَوَكَّلْتُمْ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ، لَرَزَقَكُمْ كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ، تَغْدُو خِمَاصًا، وَتَرُوحُ بِطَانًا “Seandainya kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benarnya tawakal, niscaya Dia (Allah) akan memberi kalian rezeki sebagaimana Allah memberi rezeki kepada burung, ia (burung) keluar di waktu pagi dalam keadaan perut kosong dan pulang pada waktu sore dalam keadaan kenyang.”

Seperti dikutip dari laman alukah, Jabir bin Abdullah RA, dia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda: 

 

عنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللَّهَ وَأَجْمِلُوا فِي الطَّلَبِ، فَإِنَّ نَفْسًا لَنْ تَمُوتَ حَتَّى تَسْتَوْفِيَ رِزْقَهَا وَإِنْ أَبْطَأَ عَنْهَا، فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَجْمِلُوا فِي الطَّلَبِ، خُذُوا مَا حَلَّ، وَدَعُوا مَا حَرُمَ

“Wahai umat manusia, bertakwalah engkau kepada Allah, dan tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rezeki karena sesungguhnya tidaklah seorang hamba akan mati, hingga ia benar-benar telah mengenyam seluruh rezekinya, walaupun terlambat datangnya. Maka bertakwalah kepada Allah, dan tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rezeki. Tempuhlah jalan-jalan mencari rezeki yang halal dan tinggalkan yang haram.”

Sumber: alukah  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement