Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Tangerang Live, Aplikasi Baru Bagi Warga yang Ingin Belanja

Senin 08 Mar 2021 13:19 WIB

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra

Pasar Poris di Kota Tangerang, Banten.

Pasar Poris di Kota Tangerang, Banten.

Foto: Antara
Warga bisa menikmati layanan antar langsung di Pasar Poris dan Anyar, Kota Tangerang.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bersama Perusahaan Daerah (PD) Pasar menghadirkan aplikasi pasar daring berupaya layanan mengantar langsung bernama Tangerang Live. Aplikasi tersebut nantinya digunakan di pasar-pasar tradisional di Kota Tangerang.

Tujuan dari dihadirkannya aplikasi tersebut untuk menunjang kebutuhan berbelanja di pasar tradisional selama masa pandemi. Kepala Bidang Pengembangan E-Government Diskominfo, Kota Tangerang Adhi Zulkifli menuturkan, pengoperasian Tangerang Live dimulai sejak Senin (8/3).

Nantinya, aplikasi itu dikelola langsung PD Pasar Jaya, sementara Diskominfo Kota Tangerang hanya menfasilitasi pembangunan aplikasinya. Menurut Adhi, untuk saat ini, aplikasi tersebut baru melayani pembelian secaradaring di dua pasar yang ada di Kota Tangerang. "Yakni Pasar Poris dan Pasar Anyar," ujar Adhi di Kota Tangerang, Banten, Senin.

Pemanfaatan layanan daring di pasar tradisional tersebut relatif sama dengan layanan online lainnya. Metodenya, dengan melakukan pembelian melalui aplikasi di ponsel, kemudian dilakukan pengantaran oleh ojek pasar menuju alamat pemesanan.

Hanya saja, pembayarannya baru bisa melayani sistem pembayaran cash on delivery (cod) atau bayar ketika barang sudah sampai tujuan. "Sementara baru COD, sekarang lagi diproses pake virtual akun sama Gopay," kata Adhi.

Dia berharap, adanya sistem belanja daring di pasar tradisional tersebut, perekonomian di pasar lainnya di Kota Tangerang bisa semakin tumbuh. Terlebih, dalam kondisi pandemi Covid-19, ekonomi pasar ditargetkan semakin menggeliat. Ke depan, Adhi menargetkan, layanan tersebut bisa menjangkau seluruh pasar tradisional lainnya di Kota Tangerang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA