Senin 08 Mar 2021 11:28 WIB

Alasan Berbagai Negara Belum Mulai Vaksinasi Corona

Banyak negara yang merasa takut, lebih berhati-hati dan ragu terhadap vaksin.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas medis menunjukkan vaksin Sinovac Biofarma sebelum disuntikkan pada seorang tenaga pengajar di Rumah Sakit Persada, Malang, Jawa Timur, Jumat (5/3/2021). Sebanyak 9.873 tenaga pengajar di Kota Malang mulai menjalani vaksinasi COVID-19 tahap kedua.
Foto: ARI BOWO SUCIPTO/ANTARA
Petugas medis menunjukkan vaksin Sinovac Biofarma sebelum disuntikkan pada seorang tenaga pengajar di Rumah Sakit Persada, Malang, Jawa Timur, Jumat (5/3/2021). Sebanyak 9.873 tenaga pengajar di Kota Malang mulai menjalani vaksinasi COVID-19 tahap kedua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diperkirakan 160 juta vaksinasi Covid-19 telah diberikan sejauh ini secara global. Jumlah ini sebagian besar berada di Amerika Serikat dan Eropa.

Di kawasan Asia, program vaksinasi terus berkembang di tempat-tempat seperti India. Namun di negara lain, program vaksin belum dimulai atau masih pada tahap yang sangat awal. Alasannya beragam, mulai dari takut, terlalu berhati-hati hingga tingkat skeptisisme vaksin yang tinggi.

Baca Juga

Berikut beberapa negara dalam situasi ini dan alasan berbeda di baliknya, dilansir di BBC, Senin (8/3):

1. Alasan: Takut

- Filipina

Di negara ini banyak yang masih ingat ketakutan seputar vaksin Dengvaxia, yang diperkenalkan pada tahun 2016 untuk menyuntik demam berdarah.

Dua tahun kemudian tiba-tiba vaksin ini ditangguhkan karena kekhawatiran efek samping ketika beberapa anak yang menerimanya meninggal.

Sekretaris kesehatan negara itu dituntut menyebabkan kontroversi besar-besaran. Pejabat kesehatan masyarakat mengatakan insiden itu menyebabkan lonjakan skeptisisme vaksin yang mengancam akan membajak rencana negara untuk menggunakan vaksin sebagai jalan keluar dari pandemi.

Sebuah survei baru-baru ini menunjukkan bahwa hanya 19 persen orang Filipina, atau satu dari lima orang dewasa, yang bersedia diinokulasi.  Selain itu, sebagian besar vaksin itu sendiri belum sampai di negara ini.

Pengiriman vaksin Sinovac China tiba di negara itu pada 28 Februari, pengiriman pertama yang mencapai sana. Negara itu mengizinkan penggunaan daruratnya beberapa hari sebelum tiba.

Vaksinasi seharusnya dimulai pada 15 Februari, tetapi ini tidak terjadi ketika pengiriman Pfizer-BioNTech dan Astrazeneca (keduanya disetujui untuk penggunaan darurat) tidak tiba tepat waktu. Astrazeneca akhirnya tiba di negara itu pada 4 Maret.

- Pakistan

Di Pakistan juga, ketakutan adalah faktor, tetapi ini sebagian besar disebabkan oleh informasi yang salah dan beberapa video viral yang sangat efektif.

Dalam satu video viral dari tahun 2020, seorang guru sekolah swasta terlihat berteriak dengan panik dan memberi isyarat kepada sekelompok anak laki-laki yang tampaknya pingsan.  

Dia menyalahkan vaksin polio, mengatakan bahwa anak-anak tidak sadar dan mencaci para pejabat karena memaksa mereka untuk memberikannya. Akibatnya, massa membakar sebuah klinik.

Video lainnya telah lama berkontribusi pada penurunan tingkat vaksinasi polio di negara tersebut. Meskipun mereka telah dibantah dan dihapus dari media sosial, jutaan orang telah menontonnya.

Dampak buruk itu secara tidak mengejutkan memengaruhi rencana untuk memvaksinasi populasi terhadap Covid juga. Satu laporan mengutip seorang dokter di Peshawar yang mengatakan bahwa pada hari pertama program vaksinasi, sekitar 400 petugas kesehatan seharusnya mendapatkan suntikan, tetapi hanya sekitar 12 orang yang muncul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement