Senin 08 Mar 2021 11:00 WIB

10 Wanita dalam Sains yang Mengubah Dunia

Tanggal 8 Maret diperingati sebagai international women's day.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Marie Curie
Foto: Flickr Commons
Marie Curie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika memikirkan ilmuwan terhebat sepanjang masa, kemungkinan besar nama Albert Einstein, Isaac Newton atau nama besar lainnya muncul di pikiran. Para ilmuwan itu membuat penemuan luar biasa dan mengubah cara kita memahami dunia.

Namun terlalu sering, wanita dimasukkan dalam daftar meskipun mereka telah lama membuat langkah signifikan dalam sains. Dilansir dari Discover Magazine, Senin (8/3), dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional, berikut adalah beberapa wanita yang berperan dalam sains.

Baca Juga

Marie Curie, fisikawan dan ahli kimia

Hal utama di antara banyak pencapaian Curie termasuk menemukan radioaktivitas dan menemukan unit sinar X seluler yang digunakan selama Perang Dunia I. Dengan suaminya, Pierre, Curie juga menemukan unsur radioaktif polonium dan radium, serta mengembangkan teknik untuk mengisolasi isotop radioaktif.

Pada 1903, Curie menjadi wanita pertama yang memenangkan Hadiah Nobel. Setelah kemenangan pertamanya dalam fisika, ia kemudian mendapatkan penghargaan di bidang kimia. Ini menjadikannya orang pertama yang dianugerahi dua kali.

Janaki Ammal, ahli botani

Sebagai ilmuwan tumbuhan wanita pertama India, Ammal mengembangkan beberapa spesies hibrida yang masih tumbuh hingga saat ini. Dia juga menganjurkan untuk melindungi keanekaragaman hayati India.

Chien-Shiung Wu, fisikawan

Wu adalah ilmuwan pertama yang mengkonfirmasi-dan kemudian menyempurnakan- teori peluruhan beta radioaktif Enrico Fermi. Ia juga dikenal karena “eksperimen Wu”-nya, yang menjungkirbalikkan teori paritas dalam fisika. Terobosan ini menghasilkan Hadiah Nobel yang dianugerahkan kepada kolega prianya, peran penting Wu dalam pekerjaan itu terabaikan

Katherine Johnson, ahli matematika

Perhitungan Johnson tentang mekanika orbital sebagai pegawai Badan Antariksa AS (NASA) sangat penting untuk mengirim orang Amerika pertama ke luar angkasa. Ia menjadi terkenal ketika ceritanya diprofilkan dalam film Hidden Figures

Ada Lovelace, ahli matematika

Lovelace dianggap sebagai pemrogram komputer pertama-jauh sebelum komputer modern ditemukan. Catatannya tentang mesin analitik yang diusulkan Charles Babbage (komputer umum yang dapat diprogram), dianggap sebagai algoritma komputer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement