Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Jangan Pernah Lupa Baca Basmalah di 14 Amalan Ini

Senin 08 Mar 2021 05:32 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Rasulullah SAW mengajarkan basmallah di setiap amalan mulia. Bismillah

Rasulullah SAW mengajarkan basmallah di setiap amalan mulia. Bismillah

Foto: IST
Rasulullah SAW mengajarkan basmallah di setiap amalan mulia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Basmalah biasa menjadi awalan untuk melakukan segala hal baik. Basmalah juga selalu dicantumkan sebagai awalan penulisan baik Alquran maupun buku dan pidato. 

Ada banyak amalan yang diutamakan untuk membaca basmalah terlebih dahulu. Sedikitnya 14 amalan yang utama, di antaranya adalah sebagai berikut:  

1. Ketika hendak berwudhu. Dari Abu Hurairah dari Nabi SAW pernah bersabda sebagai berikut:  

لا صلاة لمن لا وضوء له، ولا وضوء لمن لم يذكر اسم الله عليه “Tidak sah sholat orang yang tidak wudhu dan tidak sempurna wudhu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah."  

2. Saat masuk dan keluar masjid,  Fatimah putri Rasulullah pernah berkata bahwa ketika Rasulullah hendak masuk masjid maka akan berdoa:  

بسم الله، والسلام على رسول الله، اللهم اغفر لي ذنوبي، وافتح لي أبواب رحمتك “Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah kepadaku pintu rahmat-Mu. Dan ketika keluar masjid, Rasulullah akan berdoa: 

بسم الله، والسلام على رسول الله، اللهم اغفر لي ذنوبي، وافتح لي أبواب فضلك “Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu karunia-Mu.” 

3. Saat akan berkendara. Allah berfirman dalam Alquran suraht Hud ayat 41: 

وَقَالَ ارْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ “Dan dia berkata, "Naiklah kamu semua ke dalamnya (kapal) dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku Mahapengampun, Mahapenyayang." 

Dalam hadits riwayat Jabir ketika naik unta. Rasulullah pernah berkata kepadanya untuk naik dan menyebut nama Allah:  

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال له: اركب باسم الله 4. Saat hendak menyembelih hewan, Alquran menyebutkan dalam beberapa surah diantaranya Al An'am ayat 118-119 dan 121.

5. Saat hendak makan, Rasulullah bersabda: 

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ، فَذَكَرَ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لَا مَبِيتَ لَكُمْ، وَلَا عَشَاءَ، وَإِذَا دَخَلَ، فَلَمْ يَذْكُرِ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ، وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللهَ عِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

“Apabila seseorang masuk ke dalam rumahnya, lalu dia menyebut nama Allah di saat masuk dan di saat hendak makan, maka setan berkata: “Tidak ada tempat bermalam dan tidak ada makan malam.” Dan apabila dia masuk, lalu tidak menyebut nama Allah di saat masuk, setan berkata; “Kalian sekarang punya tempat bermalam.” Dan apabila tidak menyebut nama Allah di saat hendak makan, dia berkata: “Ada tempat bermalam untuk kalian dan ada makan malam.”

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA