Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Sri Lanka Larang Impor Buku Agama Islam hingga Cadar

Ahad 07 Mar 2021 16:00 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil

Sri Lanka Larang Impor Buku Agama Islam hingga Cadar. Foto:    Islamofobia (ilustrasi)

Sri Lanka Larang Impor Buku Agama Islam hingga Cadar. Foto: Islamofobia (ilustrasi)

Foto: Bosh Fawstin
Buku impor agama Islam dilarang Sri Langka.

REPUBLIKA.CO.ID,KOLOMBO—Kementerian Pertahanan Sri Lanka mengeluarkan larangan masuk buku-buku agama Islam, kecuali yang telah disetujui kementerian. Larangan ini dirilis tak lama setelah keputusan pencabutan peraturan wajib kremasi bagi jenazah Covid-19, yang dikecam secara global.

Sebagai gantinya lahan penguburan pasien Covid-19 hanya diizinkan secara selektif, kebanyakan di pulau kecil di timur negara itu. Hal ini juga memicu protes dari masyarakat Tamil, penduduk asli pulau, dan Muslim. Kebijakan ini juga dipandang sebagai taktik pemerintah untuk menimbulkan ketegangan diantara komunitas mereka.

Saat ini, Sri Lanka juga telah mengusulkan adanya larangan cadar, dipandang sebagai pembatasan kebebasan beragama bagi Muslim. Namun pemerintah menampiknya, justru mengatakan bahwa cadar merupakan ancaman bagi keamanan nasional.

Baca Juga

Anggota Dewan Hak Asasi Manusia PBB, Alan Keenan menekankan pentingnya negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk menaruh perhatian lebih pada Sri Lanka atas meningkatnya diskriminasi terhadap Muslim.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA