Sabtu 06 Mar 2021 14:44 WIB

Bayu Skak Angkat Bahasa Jawa Timuran di Film Terbarunya

Bayu Skak angkat bahasa Jawa Timuran di film terbarunya.

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Bayu Skak
Bayu Skak

VIVA – Aktor yang juga sutradara Bayu Skak kembali memproduksi film drama komedi dengan menggunakan Bahasa Jawa, berjudul Lara Ati. Film ini menceritakan mengangkat berbagai kisah tentang sakit hati yang menjadi bagian dari perjalanan hidup semua orang.

"Film ini menceritakan Joko yang selalu sakit hati bukan hanya karena urusan cinta tapi juga dengan kehidupannya," kata Bayu dalam virtual conference, Jumat 5 Maret 2021.

Dia melanjutkan karakternya memiliki cita-cita sebagai seorang desainer. Namun cita-citanya ini ditentang oleh sang ibu, yang menginginkannya untuk kuliah jurusan akuntansi.

"Dia jalanin yang bukan keinginannya dia. Ketika lulus dia menjadi pekerja di sebuah bank, kerja di sebuah kantor yang bertolak belakang dengan karakternya. Sakit hati ini yang ingin kita perlihatkan," ujar Bayu.

 

Bayu juga menjelaskan dalam film Lara Ati sebanyak 80 persen dialognya menggunakan Bahasa Jawa.

"Kita akan menggunakan Bahasa Jawa yang luas namun dengan Bahasa Jawa Timur yang tidak kita tinggalkan," kata Bayu.

Disisi lain, Tatjana Saphira dan Shahila Hisham yang ikut berpartisipasi dalam film ini juga memiliki tantangan tersendiri ketika berdialog. Sebab, keduanya bukan besar dan lahir dari orang Jawa.

Tatjana Saphira sendiri mengaku dia harus sering-sering mendengar rekaman suara hasil latihannya berbicara bahasa Jawa untuk film ini.

"Karena di lingkunganku enggak ada yang bisa bahasa Jawa. Selain dengerin voice note dari hasil latihan, aku juga sering dengerin podcast yang direkomendasikan dari Bayu. Aku lihat film Bayu yang Yowes Ben," kata Tatjana.

Di sisi lain, Shahila Hisyam mengaku melatih kemampuan berbicara bahasa Jawanya dengan berkomunikasi bersama Bayu Skak.

"Aku awal belajar sama Bayu persiapan untuk reading lumayan sering. Setiap pertemuan pertama sampai sekarang aku juga sering ngerekam suara apa yang aku ucapkan dan selalu diulang-ulang dan sampai pertemuan keenam sudah lumayan," jelas Shahila Hisyam.

Selain itu, Bayu juga mengajak pemain dan seniman dari Jawa Timur, seperti para pelawak sekaligus pemain ludruk populer, yaitu Cak Kartolo, Cak Sapari, Ning Tini, dan Eko Londo. Selain itu, Timo Scheunemann atau sering dikenal dengan Coach Timo, juga akan meramaikan jajaran pemain di film ini. 

Produksi Lara Ati akan dilakukan di pertengahan bulan Maret ini. Proses syuting sepenuhnya akan dilakukan di Surabaya dan sekitarnya, tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah. Film diharapkan dapat tayang di Bioskop di akhir 2021.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement