Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Fotografer Turki Adakan Pameran Kota Islam di Uzbekistan

Ahad 07 Mar 2021 05:25 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani

 Foto udara Istanbul, Turki

Foto udara Istanbul, Turki

Foto: EPA-EFE/ERDEM SAHIN
Lewat proyek ini, dia bertujuan untuk memperkenalkan dunia Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL – Fotografer Turki, Orhan Durgut akan membuka pameran di Uzbekistan. Pameran kedua dari proyek “Kota Islam” akan diadakan di Provinsi Termez.

Dia menjelaskan proyek tersebut muncul setelah pengamatannya di Makkah, Arab Saudi. Muslim yang datang ke Makkah berasal dari berbagai negara dan berkomunikasi serta membantu satu sama lain. Lewat proyek ini, dia bertujuan untuk memperkenalkan dunia Islam.

Usai dari Arab, dia melanjutkan perjalanan ke Aleppo dan Damaskus di Suriah. “Kami telah mengidentifikasi 100 kota dari 40 negara yang memiliki tempat dalam sejarah Islam. Sejauh ini kami telah menyelesaikan pemotretan di 64 kota,” kata Durgut.

Pameran pertama Durgut diadakan di Provinsi Bukhara, Uzbekistan atas undangan dari Pusat Penelitian Imam Bukhari.

“Kami memotret pertemuan kota-kota pada Jumat. Ini adalah salah satu tempat paling umum di kota Islam. Beberapa negara memiliki masjid. Semua orang berkumpul di masjid-masjid ini. Kami memotret gaya hidup Islami di sana. Kami memotret gerakan indah seseorang sehingga mereka dapat menjadi teladan bagi orang lain,” ujar dia.

Durgut dan timnya juga melakukan pemotretan di Baghdad, Najaf, Kufa, dan Karbala di Irak. Selain itu di Mesir, Tunisia, Marko, Mali, dan Somalia pun dia lakukan pemotretan. “Anda tidak dapat memperkenalkan seluruh geografi Islam dengan 64 kota tapi Anda dapat memperkenalkan spektrum yang luas,” tambah dia.

Dilansir Anadolu Agency, Sabtu (6/3), pemotretan ini berperan penting dalam menciptakan memori. Nantinya, dia akan mengadakan pameran lain di Tashkent, ibu kota Uzbekistan. Sementara itu, timnya akan mengadakan dua pameran di Palestina, di Hebron dan Yerusalem yang akan menampilkan 90 foto.

Selain menyelesaikan proyek “Kota Islam,” Durgut mulai membuat proyek “Atlas Alquran.” Durgut akan membuat album yang berisi foto dari tempat-tempat yang disebutkan dalam Alquran, khususnya di negara di Timur Tengah.

“Orang tidak mengerti Alquran hanya dengan membacanya. Mereka harus membaca arti dan interpretasinya. Penting untuk membayangkan hal-hal yang kita baca dan pahami. Kami ingin menjadikan album ini sebagai sumber mimpi itu,” tambah dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA